BUDAYA TRADISIONAL JAWA


Beruntung kita menghirup udara di negara Indonesia, negara yang kaya raya atas keaneka ragaman budaya. khususnya kebudayan jawa. Saya ambil contoh seni kebudayaan tradisional wayang kulit dan seni karawitan.
Wayang kulit merupakan salah satu seni tradisional jawa yang paling menonjol di antara banyak karya budaya jawa lainnya. Budaya wayang meliputi seni peran, seni suara, seni musik, seni tutur, seni sastra, seni lukis, seni pahat, dan juga seni perlambang. Budaya wayang akan terus berkembang dari zaman ke zaman, sebab wayang kulit itu sendiri berguna untuk media penerangan, dakwah, pendidikan dan hiburan..
Karawitan merupakan salah satu bentuk kesenian yang dalam penyajiannya terdapat unsur gabungan antara gamelan dan seni suara ( pesinden ), unsur gabungan itu tidak dapat dipisahkan karena saling berkaitan.
Mungkin karawitan sangat awam bagi generasi muda sekarang ? Salah satu faktor utamanya adalah karena terjadi ekspor-import antara budaya asing yang masuk ke negara Indonesia, dan sikap mereka yang cenderung apatis terhadap budayanya sendiri. Mereka tidak bisa selektif dalam menerima kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia, apakah budaya ini cocok dengan budaya kita ini.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon