Tips Merawat Keyboard arranger Roland, Korg, Yamaha


Keyboard arranger adalah suatu alat musik yang bisa untuk menghibur diri kita bahkan menghibur orang lain, dengan keyboard kita bisa mengexpresikan apa yang ada dalam benak kita.
Sebenarnya perawatannya itu susah-susah gampang, yang jelas harus berkala agar keyboard idaman kita selalu terjamin keawetanya, berikut tips agar Keyboard Aranger kita panjang umur :
  1. Jangan sampai terkena panas matahari , karena socket di dalamnya bisa meleleh , itu terjadi karena pengalaman saya pribadi. waktu itu saya memakai Em 20, karena terkena panas matahari lcd copot dari sangkarnya .. :) ....
  2. Air juga berbahaya, saat teman saya memberi air mineral secara tidak sengaja tumpah ke knop volume roland Va series , langsung saja saya matikan powernya , habis itu saya bongkar sendiri dan saya keringkan dengan pengering rambut.
  3. Tegangan listrik sangan dominan sekali , apalagi keyboard sekarang sudah memakai OS yang selalu dapat di update , jangan sekali-kali memakai arus dari genset atau diesel , itu bisa merusakan IC procecor keyboard anda, Pakailah stavolt dan Ups demi keamanan.
  4. Selalu tutup dengan kain atau plastik bila tidak terpakai , debu itu sukanya mencari celah yang sempit sempit untuk disinggahi, bisa bisa tuts keyboard bisa mati sendiri karena terkena debu-debu yang nakal.
  5. Simpanlah keybard anda di tempat yang tidak berlembab, bila ada hardcase selalu masukan kembali setelah kita memainkanya bila ruangan kita lembab.
Mungkin itu saja tips dari saya untuk keawetan keybaord anda, bila ada yang masih kurang tolong isiskan di komentar yaaa ....

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Dicky S
admin
3 October 2017 at 10:55 ×

Pak Teguh,

Saya mau input style/midi pd Rolang E9i dr PC. Bagaimana caranya ? Saya sdh py file style dan kabel midinya cuma blm tahu pakai softwarenya apa dan bagaimana cara installnya.
Thanks atas bantuannya.

Thank's to Dicky S sukses selalu :) ...
Reply
avatar

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon