Gamelan Laras Pelog 6 ( enem )

Gamelan termasuk dalam tangga nada pentatonis, karena hanya terdiri dari 7 nada pilahan untuk laras pelog dan 7 nada pilahan gamelan untuk laras slendro. Biasanya gamelan kalo di samakan dengan keyboard atau instrumen lainnya terdapat pada nada A,Bes dan B. Oleh karena itu padagamelan nada tetap terdapat pada nada tersebut , tidak dapat di rubah oleh sang penmegang gamelan ( nayaga )
Sedangkan gamelan-gamelan tersebut  memiliki definisi tersendiri,yaitu ;
  • alat musik idiophone yaitu dari bonag, gender, demung, saron, slenthem, ketuk, kenong, kempul, gong dan gambang.
  • Alat musik memranophone yaitu dari kendang ciblon, bem dan sampak. karena seiring perkembangan jamandi kesenian jaipong juga di masukan ke Alat musik memranophone.
  • Alat musik chordophone yaitu siter dan rebab
  • alat musik aerophone yaitu suling
Urutan nada gamelan bila di samakan dengan alat musik diatonis seperti gambar di bawah ini;

Laras Pelog 6 dan 5
Sebenarnya pada laras pelog 6 dan 5 itu sama saja , hanya istilahnya pelog 5 tibone atau gong terakhir itu pada pilahan 5, dan 6 tibone gong pada pilahan 6. contoh ladrang santimulyo itu laras pelog 5 sedangkan ketawang puspowarno itu laras pathet 6.

Laras Pelog 7

Laras pelog 7 biasanya agak tinggi dari pada pelog 6, dikarenakan nada dari nada dasar A = Do dinaaikan menjadi nada dasar E = Do nada Diatonis. Contohnya ladrang Sri widodo mengambil laras pelog 7 dan lain-lain.
Disinilah khas warisan budaya dari nenek moyang kita, gamelan terbuaatkan dari perunggu hingga bisa menjadikan alunan yang sungguh nikmat untuk di dengarkan.

Mari kita kembangkan budaya  yang adiluhung ini ! kalau bukan kita siapa lagi.

Previous
Next Post »

8 komentar

Click here for komentar
samu dra
admin
3 September 2015 at 14:29 ×

Mas aku pingin iso langgaman pye carane?nek kursus kaleh njenengan pripun?

Reply
avatar
Teguh 1978
admin
22 November 2015 at 08:43 ×

Dengan senang hati, jenengan main ke rumah gih, saya saja juga masih tahab belajar og mas , nuwun gih :) sampun pinarak ...

Reply
avatar
15 May 2017 at 12:24 ×

Pak Teguh...Ndherek tepang kulo Agung saking Serpong.
Sangat senang dengan Permainan PSR 970 lagu Kalung Emas

Reply
avatar
Teguh 1978
admin
15 May 2017 at 21:15 ×

matur nuwun pak agung, kulo sak jane pekewuh looh, demam kamera he he he ...

Reply
avatar
16 May 2017 at 15:43 ×

Pak Teguh...Kulo ngangge Korg PA50SD... pingin banget saget ngiringi Campursari ngangge laras gamelan. Style komplet.. tapi mainkan mbonten saget. Dados kulo nyuwun tulung pun paringi resep..

Reply
avatar
Teguh 1978
admin
16 May 2017 at 17:08 ×

Resepipun istri pertama dijadikan istri kedua, keyboard dijadikan istri pertama, terus ekplore keyboard ipun bapak Agung Prihatoro, umpami pengin larasipun saget sami persis kalih gamelan, pas main sareng gamelan campursari, kibord PA50SD panjenengan scale, supados larasipun gamelan saget sinkron kalih keyboard, matur nuwun.

Reply
avatar
17 May 2017 at 08:55 ×

Resep gampang gampang angel niku...Kulo gadah feeling cord Diatonis..nembe khusus nada dasar C. Kangge nglatih laras Gamelan, menawi kepareng nyuwun Chord kangge Langgam Wuyung menopo saget Pak. Ketoke gampang tapi kulo taksih blero...hahaha..

Reply
avatar
Teguh 1978
admin
18 May 2017 at 21:05 ×

Musik langgam jawa karakternya hanya 12356, kadang kuga ada laras ke 4 atau 7, seperti lagu ngimpi , lewung dan sejenisnya. Inti nya bila ingin memainkan tahu harus hafal lagu langgamnya, dan style track harus dibuat satu persatu nantinya agar tidak bleo saat dimainkan menurut TIBOne laras dari lagu tersebut. Misal yamaha membuat style langgam harus menggunakan trik dengan mem-bypass agar instrumen tidak ngikut ketika perpindhan chord. Untuk roland track bisa di buat sendiri dari Mayor, Minor dan chord 7, cara membuat dan memainkan juga ada triknya agar bisa mengirini musik langgam. Begitu juga Korg lebih luas lagi, sangat cocok untuk musik langgam jawa ...

Reply
avatar

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon