Kota Solo Punya Keroncong

Kota Solo Punya Keroncong | Siapa yang tidak tahu tentang kota Solo, indetik dengan pakaian batik yang bercentral di pasar Klewer dan Beteng, Solo juga terkenal di dunia dengan Bengawan Solo nya Mbah Gesang. Pada tahun 2008 tepatnya tanggal 5 - 7 oktober, Solo menjadi tuan rumah Festival Keroncong Internasional.
Penyelenggaraan festival tersebut juga mengukuhkan bahwa musik keroncong sebagai warisan pusaka indnesia, apalagi malaysia pernah juga mengklaim bahwa musik keroncong termasuk budayanya.
Ada juga yang berpendapat bahwa musik keroncong adalah peningalan bangsa Portugis, padahal bukti auntetik yang menunjukan bahwa irama keroncong kepunyan bangsa Portugis tidak ada bekasnya. Bahkan, bentuk instrumen musik keroncong sedikitpun tidak di ketemukan di negara tersebut.

Musik keroncong menurut saya sangat khas alunannya, bahkan tidak ada yang menyamai dengan musik keroncong, apabila kita mendengarkan dan menikmati ada suara khas di balik sebuah lagu. Cuk dan Cak silih berganti berkejar-kejaran dalam mengiringi vokalis yang mendayu-dayu. Adapun ciri-ciri musik keroncong a yaitu;
  1. Birama 4/4, walaupun ada juga dengan birama 6/8 pun bisa di exspresikan dalam aransemen keroncong.
  2. Seiap lagu terdiri dari 4 bar
  3. pada syair ke 3 terdapat interlude pada nada 5 sebanyak 2 bar ( tergantung musisi meracik interlude tersebut )
  4. Cak dan Cuk memiliki peranan yang penting dalam alunan musik keroncong, bisa di anggap tidak ada cak dan cuk tidak akan rame.
 Untuk alat musik pada musik keroncong terdiri dari ;
  1. Biola dan seruling, sebagai iringan improvisasi
  2. Cak dan cuk mamaikan iringan dengan irama tertunda dan mengikuti irama, saling bergantian mengisi seiring berjalannya alunan musik keroncong
  3. Gitar untuk mengiring celah-celah sehingga akan menimbulkan penuhnya nusik keroncong
  4. Cello,memainkan iringan akor, improvisasi meniru irama pendak gendang jawa.
akhir-akhir ini, perkembangan musik keroncong cukup menggembirakan karena adanya kebebasan penggarapan musik yang cukup progesif, sehingga musik keroncong lebih menarik dan menggembirakan.

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon