Memperbaiki Style Yamaha dengan SONAR

Software pun sekarang mempunyai peranan penting bagi dunia kimboardiz, mengapa begitu ? karena dengan sofware kita bisa menata ulang yang kita anggap perlu untuk file ynag berformat STY.

Apabila kita melakukan di keyboard tersebut memang agak susah - susah gampang, di karenakan kita harus begitu jeli dalam mnedengarkan Style yang telah kita buat tadi.

Padahal dulu-dulunya sebelum mengenal software tersebut sudah terbisa membuat style lewat user comproser didalam keyboard.

Maka yang perlu kita persiapkan untuk menata atu merapikan style berformat STY adalah sebagai berikut ;
  1. Sebuah CPU komplit dengan Keyboard, mouse, Headphone dan Monitor.
  2. Sofware pendukung yaitu Sonar, entah itu  Sonar 1, 2, 3 dan lainnya. yang saya gunakan adalah Sonar 4
  3. Soundscard External, seperti Behringer U-Control UCA222, Esi Audio, E-Mu dan lain-lain. Karena memakai SC external akan mengurangi Lantency pada CPU Anda, tapi apabila SC di CPU anda sudah aman ya tidak diharuskan.
Langkah - Langkah selanjutnya yaitu :

  1. Ubah extentions ****..Sty menjadi ****.Mid, misal style Pengorbanan.Sty menjadi Pengorbanan.Mid
  2. Buka Sofware Sonar dan panggil Sty yang extentionnya yang sudah dirubah menjadi Mid. ( Jpg 1 )
  3. Lakukan eksekusi dimana letak kekurangan dari style anda ( Jpg 2 )
  4. Bila sekirannya sudah puas silahkan Save As, tapi ingat ! simpanlah dengan format MIDI format 0 jangan anda simpan dengan MIDI format 1 karena Kiboard yamaha tidak akan bisa membaca file tersebut.
  5. Langkah terakhir yaitu ubah kembali ektentions Mid tadi menjadi seperti semula, yaitu file yang berformat STY.
 JPG 1

JPG 2

Sekarang anda coba di keyboard anda masing2 , jangan anda coba di keyboard selain Yamaha niscaya dapat diputar, apabila dapat memang suatu keajaiban.



Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon