Musik Tradisional Indonesia

Musik Tradisioanal | Musik Tradisioanal adalah musik yang berkembang di wilayah indonesia dan susuatu warisan leluhur yang masih di jalankan di wilayah tersebut. Di Indonesia hampir setiap wilayah mempunyai ciri khas kesenian daerah serta mempunyai ciri khas yang berbeda pula. Musik Tradisioanal mengalami paang surut dengan budaya tersebut, mungkin generasi muda kurang bergairah akan musik tersebut akibat perkembangan tehnologi yang semakin pesat, akibatnya musik tradisioal kurang populer diberbagai wilayan indonesia. Dibawah ini sedikit atas kesenian daerah di Indonesia, khususnya di pulau Jawa :

1. Jawa Barat 

Di daerah Jawa barat mempunyai beberapa musik tradisional yang tumbuh dan berkembang dan mempunyai ciri khas sendiri, Misalnya tari Jaipong, gending cianjuran dan tarling. tari jaipong tesebut dilakukan oleh beberapa orang yang di iringi oleh alat musik gamelan adat jawa barat. Gending cianjuran ini menonjolkan  vokal (sinden), kono musik ini sarana untuk hiburan bangsawan Sunda, sedangkan alat yang digunakan adalah kecapi, suling dan rebab. Gamelan tersebuat terbuat dari perunggu, kunngan dan besi, para pemainnya di sebut nayaga.

2. Jawa Tengah

Di jawa khususnya di Solo dan jogja, musik daerah masih di kembangkan. misalnya saja musik Klenengan dan campursari. Campursari tersebut gabungan antara gamelan dan lain lain dengan bebrapa alat musik diatonis. Perkembangan musik tersebut sangat cepat, hampir setiap daerah mempunyai grup kesenian campursari. Di daerah solo pun klenengan juga masih merekah, hampir setiap hajatan pernikahan kesenian klenengan di sajikan. alat pengiring kesenian klenengan adalah gamelan. Gamelan mempunya laras pelog dan slendro, atau lihat postingan saya tentang gamelan pelog enem. Gamelan tersebuat terbuat dari perunggu, kunngan dan besi, para pemainnya di sebut nayaga.

3. Jawa Timur 

Jawa Timur hampir sama dengan daerah jawa barat yaitu gamelan. Tetapi ada berbedaan di suatu daerah tersebut. Misalnya di daerah ponorogo, gamelan untuk mengiringi kesenian reog, alat yang digunakan untuk mengiringi musik tersebut adalah kempul, kendang dan gong. Berbeda dengan daerah Madura, gemelan istilahnya adalah gamelan sandur. Jawa timur mempunya kesenian khas yang di populer yaitu ludruk, banyolannya bisa menjadikan tawa gembira oleh penonton. Lihat saja postingan tentang Ludruk.

Musik Tradisioanal memang suatu kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya, juga Musik Tradisioanal bisa menunjukkan indetitas di suatu daerah dari mana asal kesenian tersebut. Marilah kita semua melestarikan kesenian daerah peninggalan nenek moyang kita.

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon