Membuat Loop Drum dengan Fl studio

Selamat malam sahabat, semoga kita semua selalu diberi kesehatan oleh-NYA. Dalam postingan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana caranya membuat loop, entah itu loop tabla, drum, bass dan lain-lain. Sebagai contoh loop untuk keyboard korg, kita tinggal men-slinced loop tersebut dan di masukan ke style untuk dimainkan. Disini saya akan memberikan tutorial bagaimana caranya membuat loop drum memakai fl studio ;
Buka Aplikasi Fl Studio
Silahkan buka aplikasi Fl Studio, biasanya Fl Studio yang baru di instal itu bagian patern ada 4 track yaitu  kick, clap, hat dan snare. cara agar patern berisi sampler kosong silahkan klik file (jpg1)
, new from template dan pilih empty bagian bawah sendiri (jpg2) selanjutnya lihat hasilnya (jpg3)

 Jpg 1
jpg2
jpg3

Klik Kanan Track Sampler
Silahkan klik kanan tepat dibagian Track sampler di patern fl studio (jpg1), seret mouse ke replace dan pilih FPC (jpg2 dan3 ). FPC tersebut plug in drum bawaan Fl studio, Vst drum itu banyak sekali yang beredar di dunia maya, misalnya EZ Drum, BFD, NI Abbey dan lain-lain.
Jpg1

Jpg 2

Jpg3

Klik Kanan FPC 
Silahkan klik kanan mouse anda atau tekan saja F7 di keyboard Anda, disitu akan terlihat page piano ( keyboard piano ) yang berisikan kickdrum, sidekick, snare2, snare3 dan lain-lain. disinilah kita akan membuat sebuah loop drum dengan plugin drum standar bawaan Fl Studio. 

Eksekusi Loop Drum
Pertama-tama silahkan hidupkan Metronome dulu (jpg1) , dan pilh Snap menjadi Cell (jpg2) atur tempo menurut keyakinan kita masing-masing.
 Jpg1

Jpg2

Didalam piano roll, setiap petern mempunyai bar yang sangat banyak, bisa jadi ribuan bar. Bila kita ingin membuat track cukup 1 bar atau 2 bar saja, sesuai dengan lama pukulan yang akan kita atur di piano roll, sebagai contoh membuat pukulan drum standar, fill drum dan lain lain (jpg1).
Disini saya akan membuat drum standart 1 bar lantas akan saya tempel ke playist patern. caranya memanggil playist patern cukup pencet tombol F5 secara otomatis page baru akan hadir sendiri. Perlu diingat ! untuk memainkan Stlye patern silahkan ceklist tombol dekat Play & Stop, bila ingin memainkan di playist patern silahkan ceklist tombol Song dibawah tombol Style. untuk menge-Play Stop cukup tekan Space pada keyboard Laptop atau Cpu kita.
Tombol Style dan Song


Contoh hasil penataan Drum 1 bar memakai PlugIn FPC bawaan Fl Studio

Contoh Video Membuat Loop Drum dengan Fl studio

video

Nah, di atas adalah sedikit penjelasan cara membuat Membuat Loop Drum dengan Fl studio, mohon maaf jika kurang jelas dalam segi penataan dan tulisan saya, bila ada pertanyaan silahkan tulis di kotak komentar, terima kasih.

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon