Soundfont ( SF2 Koplo ) Untuk sampling

Soundfont (Sf2)pertama kali dikembangkan oleh perusahaan raksasa Creative Labs, pembuat sound card sound blaster dan Creative E-mu. Sedangkan untuk membuat dan mengedit soundfont dengan menggunakan software Viena Soundfont Studio, setelah itu muncul Sofware pembuat Sf2 yang beredar di dunia maya.

Dengan menggunakan Sf2 maka suara dari musik midi akan terdengar lebuih realistis, atau juga mendekati dengan instrumenaslinya. Akan tetapi kesemuanya itu tinggal sang pembuat Sf2, karena sang pembuat harusbekerja maximal agar Sf2 tersebut mendekati dengan suara aslinya.

Perkembangan Sf2pun mulai berkembang pesat, dengan menggunakan sofware pendukung maka dapat di koneksikan dengan keyboard, keyboard disini adalah keyborad musik bukan unutk komputer. Syarat ! harus ada midi in , midi out atau usb nterface dari keyboard tersebut.

Sebagai contoh saya menggunakan Soundfont dengan bank tabla dangdut. Sf2 tersebut berguna untuk anda yang menginginkan suara kendang dangdut, koplo, jaipong dan voice yang lainnya untuk membuat aransemen dimedia komputer atau digunakan sampling untuk keyboard.

Adapun prasarana agar sf2 dapat di implemasikan dengan komputer dengan menggunakan software dibawah ini :
  • Komputer
  • Keyboard aranger
  • Soundcard SBlive
  • Hubi's Loop
  • Soundfont
  • Software pendukung lainnya, contohnya Reaper, FL Studio dan lain-lain.
Nah diatas adalah peralatan tempur untuk mengoneksikan Keyboard dengan Soundfont, selanjutnya terserah anda.

Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
Teguh 1978
admin
10 March 2017 at 00:40 ×

cex di Xplore-pedia - SoundFont ... makasih mas :)

Reply
avatar
Teguh 1978
admin
10 March 2017 at 00:40 ×

cex di Xplore-pedia - SoundFont ... makasih mas (y)

Reply
avatar

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon