Dasar Bermain Alat Musik Keyboard

Dalam bermain keyboard, sebagai langkah awal yang harus kita pahami adalah menghafal nada-nada yang terdapat dalam papan keyboard. Adapun papan keyboard yang dimaksud yaitu papan yang ber - tuts putih dan hitam. Papan keyboard putih tersebut digunakan untuk memainkan nada-nada natural ( nada dasar C ), sedangkan hitam memainkan nada-nada kromatik ( nada dasar C#-B )

Alat musik keyboard dapat memainkan melodi lagu serta akor. Akor adalah paduan nada atau bunyi yang dibunyikan secara serempakdari dua,tiga nada atau lebih yang akan menghasilkan bunyi yang harmonis. Sebagai tuntutan jaman, keyboard di era modern sekarang sudah menyediakan fasilitas style musik, seperti :
  1. Alat musik Melodis
  2. Alat musik Harmonis
  3. Alat musik Ritmis
Untuk lebih detailnya untuk pemahaman alat2 musik tersebut silahkan kunjungi artikel saya di ##.

Keterangan gambar :
  1. Ibu jari disebut pulgar (p)
  2. Jari telunjuk disebut indece (i)
  3. Jari tengah disebut medio (m)
  4. Jari manis disebut anular (a)
  5. Jari kelingking disebut chico (ch)
Penempatan tangan kanan ke tuts ke tuts :
  1. Jari kelingking = do
  2. Jari tengah = mi
  3. Ibu jari = sol
Penempatan tangan kanan ke tuts ke tuts :
  1. Ibu jari = do
  2. Jari tengah = mi
  3. Jari kelingkin = sol
Dalam permainan akor, penjarian juga menjadi prioritas utama, dikarenakan dengan penjarian yang benar akan mempermudah gerakan jari tangan ke akor jugan memperindah posisi letak jari, khususnya akor trinada. Pada alat musik keyboard, akor dimainkan oleh jari tangan kiri. Khususnya akor trinada, prinsipnya dimainkan dengan penjarian yang sama, yaitu 5 - 3 -1.

Diatas adalah dasar bermain keyboard, asar tersebut harus disertai dengan beberapa faktor agar mahir dalam memainkan alat musik tersebut, yaitu;
  • Niat, harus ada niat yang kuat, agar bisa memainkan keyborad.
  • Bakat, bakat sepertinya faktor yang dominan sekali, yaitu tanpa belajarpun bisa memainkan alat musik tersebut, atau dengan kata lain batak otodidak.
  • Prasarana, Prasarana sangat di butuhkan sekali. Ibaratnya kita setiap hari memegang alat tersebut maka semakin besar pula peluang untuk bisa memainkan alat musik tersenut.
Sepertinya di atas adalah sebagian kecil dari  Dasar Bermain Alat Musik Keyboard.

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon