Cara Mudah Membuat Style Dari Midi

Judul artikel saya ini mungkin sungguh menggiurkan ' Cara Mudah Membuat Style Dari Midi '. Sebelum saya membuat artukel ini terus terang saja sudah mencari informasi kemana-mana, entah itu Kang Komar Preman Pensiun dan tanya si amin sopir yang lucu.
Mencoba terkandang menjadi jemu apabila kita semua tidak menemukan titik temu, misal mencari sofware mp3 menjadi midi :D, sofware tersedia tapi tidak mungkin bisa terjadi ! karena midi tersebut terdiri dari track yang independen sedangkan Mp3 ? Mp3 ektensi file audio dalam ukuran byte yang relatif kecil tanpa berkurangnya kualitas yang berarti. Nah apabila mp3 itu di convert menjadi MIDI maka suaranya akan tumpuk undung menjadi satu. Terkadang kitanya terkecoh dengan ini dan itu si Produsen aplikasi tersebut, ibaratnya jawanya ' nguyahi segoro, tidak mungkin bisa.
Nah kali ini saya tidak mengupas masalah aplikasi tersebut, saya akan memberikan Cara Mudah Membuat Style Dari Midi dengan Aplikasi Sonar.

Langkah-langkah yang anda lakukan pada Sofware Sonar adalah :
1. Buka aplikasi SONAR, dan kemudian buatlah 16 channel MIDI, atau Import file Midi yang akan anda ubah menjadi STY
2. Bar pertama (pada time 1:01:000), berilah dua marker dengan nama SFF1 dan kemudian nama SInt.
3. Pada bar kedua dan selanjutnya berilah masing-masing dua marker pada waktu yang sama dengan nama dan berurutan:

- Main A dan fn:Main A
- Main B dan fn:Main B
- Main C dan fn:Main C
- Main D dan fn:Main D
- Fill In AA dan fn:Fill In AA
- Fill In BB dan fn:Fill In BB
- Fill In CC dan fn:Fill In CC
- Fill In DD dan fn:Fill In DD
- Intro A dan fn:Intro A
- Intro B dan fn:Intro B
- Intro C dan fn:Intro C
- Ending A dan fn:Ending A
- Ending B dan fn:Ending B
- Ending C dan fn:Ending C
- Fill In BA dan fn:Fill In BA [Break]

4. Silahkan anda isi tiap channel dengan komposisi musik yang akan anda buat Style jika membuatnya dengan Sonar, tapi bila sudah membuat dari Software lain silahkan Marker pada bar akan anda jadikan Style.
5. Apabila sudah selesai, maka Save As: Standard MIDI Files 0 jangan Save As ke Standard MIDI Files 1.
Karena hasilnya berupa sebuah MIDI file, maka agar dapat dikenali oleh Yamaha PSR S900 sebagai Style, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengganti ekstensi file tersebut. Langkah-langkahnya adalah:
A. Hal yang pertama harus anda lakukan yaitu memunculkan ekstensi file pada Windows Explorer. Biasanya setting default Windows XP tidak memunculkan ekstensi file-nya (lewati langkah ini jika Windows Explorer anda sudah menampilkan ekstensi file). Cara memunculkan ekstensi pada Windows Explorer yaitu dengan menonaktifkan atau mendisablekan opsi "Hide extensions for known file types" pada Windows Explorer anda. Bagaimana caranya ? baca dengan cermat dibawah ini :
  • Buka Windows Explorer.
  • Pilih Tools, kemudian Folder Options, dan pilih tab View.
  • Lepaskan/hilangkan tanda checklist pada "Hide extensions for known file types".
  • Klik OK.
B. Langkah selanjutnya adalah merubah ekstensi file yang akan dibuat Style tersebut. Misalnya nama file tersebut adalah Keroncong, maka pada Windows Explorer anda file tersebut akan ditampilkan: "koplo.mid".
C. Rubahlah file tersebut dengan mengganti "Keroncong.mid" menjadi "Keroncong.S625.prs" atau "koplo.STY".
D. Jika keluar peringatan: "If you change a file name extension, the file may become unuseable. Are you sure you want to change it?", pilih Yes.
E. Copy dan paste file "Keroncong.S625.prs" tersebut ke dalam flashdisk dan silahkan coba. Bila langkah yang anda lakukan benar pasti style tersebut langsung bisa dibaca dan diload di Keyboard Anda

Nah mudah bukan  Cara Mudah Membuat Style Dari File Midi


Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
22 November 2016 at 05:55 ×

kalo pake omb juga bisa untuk membuat style gan . . Tutorial Membuat Style One Man Band (OMB)

Reply
avatar
Teguh 1978
admin
22 November 2016 at 07:27 ×

rekomended buat midi dan ngrubah mid jadi sty pake sonar mas adroni, ato ngebuat midi pake fl dan ngrubahnya pake sonar, setau akuh OMB cuman virtual untuk menjalankan style format sty, matur nuwun udah ngasih link hidup ...

Reply
avatar
Gus Ipul
admin
21 July 2017 at 12:45 ×

mantab mas.... sippppppppp, saya tunggu yang lainnya, moga jenengan sehat wal afiat

Reply
avatar
Teguh 1978
admin
21 July 2017 at 23:56 ×

Amien Gus Ipul, matur nuwun do'a nipun

Reply
avatar
5 October 2017 at 20:30 ×

boleh minta kontak nya gan

Reply
avatar

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon