Gamelan Perunggu

1. Kendhang:
Kendhang mempunyai fungsi utama untuk mengatur irama. Untuk bermain kendhang, dibutuhkan orang yang sangat mendalami budaya Jawa, pastinya harus mengerti pukulan untuk lancaran, ladrangan, ketawangan dan lain-lain. Bukan hanya itu si pemegang kendhang harus mempunyai naluri untuk mengeluarkan sekaran kendhang agar lebih aktraktif. Sebuah karawitan, cokekan dan campursari, kendang memang memegang peranan penting, yaitu sebagai panutan alat lainnya.

2. Demung, Saron, Peking
Gamelan tersebut berbentuk lempengan perunggu, kuningan dan besi. Menurut ukuran dan fungsinya, terdapat tiga jenis yaitu demung, saron dan peking
DEMUNG
Demung memainkan balungan gendhing dalam wilayahnya yang terbatas. Umumnya, satu perangkat gamelan mempunyai satu atau dua demung, tetapi ada gamelan di kraton yang mempunyai lebih dari dua demung.
SARON
Seperti demung, saron barung memainkan balungan dalam wilayahnya yang terbatas. Pada teknik tabuhan imbal-imbalan, dua saron memainkan lagu jalin menjalin yang bertempo cepat. Seperangkat gamelan mempunyai dua saron.
PEKING
Saron panerus atau peking ini memainkan tabuhan rangkap dua atau rangkap empat lagu balungan.

3. Gong Dan Kempul
Gong sangat penting untuk menandai berakhirnya satuan kelompok dasar lagu, sehingga kelompok itu sendiri (yaitu kalimat lagu di antara dua tabuhan gong) dinamakan gongan. Ada dua macam gong:
  • gong ageng 
  • gong suwukan atau gong siyem yang berukuran sedang.
Gong gantung berukuran kecil. Kempul menandai aksen-aksen penting dalam kalimat lagu gendhing. Dalam hubungannya dengan lagu gendhing, kempul bisa memainkan nada yang sama dengan nada balungan; kadang-kadang kempul mendahului nada balungan berikutnya.

4. Bonang
Bonang dibagi menjadi dua jenis, yaitu bonang barung dan bonang panerus. Perbedaannya pada besar dan kecilnya saja, dan juga pada cara memainkan iramanya. Bonang barung berukuran besar, beroktaf tengah sampai tinggi, adalah salah satu dari instrumen-instrumen pemuka dalam ansambel. Pada jenis gendhing bonang, bonang barung memainkan pembuka gendhing dan menuntun alur lagu gendhing. Pada teknik tabuhan imbal-imbalan, bonang barung tidak berfungsi sebagai lagu penuntun, membentuk pola-pola lagu jalin-menjalin dengan bonang panerus.

5. Slenthem
Slenthem termasuk keluarga gender, akan tetapi slenthem mempunyai bilah sebanyak bilah saron. Slenthem beroktaf paling rendah dalam kelompok instrumen saron. Seperti demung dan saron barung, slenthem memainkan lagu balungan dalam wilayahnya yang terbatas.

6. Kethuk dan Kenong
Kenong membagi gongan menjadi dua atau empat kalimat kalimat kenong. Kethuk sama dengan kenong, fungsinya juga sama dengan kenong. Kethuk dan kenong selalu bermain jalin-menjalin.

7. Gender
Gender dimainkan dengan tabuh berbentuk bulat yang dilapisi kain dengan tangkai pendek. Sesuai dengan fungsi lagu, wilayah nada, dan ukurannya, ada dua macam gender:
  • gender barung dan
  • gender panerus.
8. Gambang
Gambang dimainkan dengan tabuh berbentuk bundar dengan tangkai panjang biasanya dari tanduk/sungu. Gambang juga dapat memainkan beberapa macam ornamentasi lagu dan ritme, seperti permainan dua nada dipisahkan oleh dua bilah, atau permainan dua nada dipisahkan oleh enam bilah.

9.  Rebab
Sebagai salah satu dari instrumen pembuka, rebab sebagai pemimpin lagu dalam ansambel, terutama dalam gaya tabuhan lirih. Pada kebanyakan gendhing-gendhing, rebab memainkan lagu pembuka gendhing, menentukan gendhing, laras, dan pathet yang akan dimainkan. Wilayah nada rebab mencakup luas wilayah gendhing apa saja. Maka alur lagu rebab memberi petunjuk yang jelas jalan alur lagu gendhing.

10. Siter
Siter merupakan bagian ricikan gamelan dengan teknik menabuhnya di petik. Jenis instrumen ini di lihat dari bentuk dan warna bunyinya ada tiga macam, yaitu siter, siter penerus dengan ukurannya lebih kecil dari pada siter dan clempung ukurannya lebih besar dari pada siter. Dalam sajian karawitan klenengan atau konser dan iringan wayang fungsi siter sebagai pangrengga.


Ingin melihat bahkan memsan silahkan datang saja ke perngrajin di Sukoharjo, Jawa Tengah. Tepatnya di Gendengan Rt 2 Rw 4, Wirun, Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia.


Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon