Memaksimalkan Dalam Membuat Style Keyboard Roland Korg Yamaha Dan Casio

Perkembangan jaman terus melesat seiring berjalannya waktu, Keyboardpun beradu tehnologi untuk meraih hati para konsumen, khususnya aranger daerah dan arranger tingkat kecamatanantar desa tak kalah untuk meraih impian yaitu ' Keyboard Terbaik dan Terbagus. Sepertinya mereka terhipnotis oleh tehnologi yang memfasilitasi dari keyboard tersebut. Tehnologi itupun mencakup untuk sampling dan memainkan MP3 di dalam keyboard tersebut, akan tetapi kesemuanya itu tidak akan lepas dari extensi Style untuk kita mainkan dengan keyboard tersebut.


Sebelum membuat style untuk dimainkan di keyboard alangkah baiknya kita mendengarkan lagu yang akan kita buat, jadi kita mengerti urut-urutan yang akan kita buat style. Memang agak sulit juga, tapi kalau sudah terbiasa pasti tidak akan ada kesulitan yang berarti. Tutuntutan seorang arranger adalah mengikuti perkembangan lagu yang beredar di sekitar kita, entah itu lagu pop, dangdut dan lagu etnik daerah kita masing-masing. Seorang arranger harus  dituntut bisa dan bisa untuk membuat style, bukan hanya mencari di internet secara gratisan, padahal style tersebut harus kita ingat letak improvisasi agar kita tidak lupa digunakan saat manggung.
Nah untuk membuat style yang perlu kita ketahui adalah :

Metronome
Metronome biasanya digunakan sebagai ketukan tukang Drum, agar pukulannya tidak pas, nah pas disini adalah tidak medahului atau tidak didahului oleh musik pengiring lainnya. Nah dalam membuat style juga begitu, kita harus menghidupkan fasulitas metronome agar style kita enak untuk didengar.

Quantize
Quantise menurut saya sebagai sarana untuk merapikan sebuah style, merapikan disini dari yang kejar-kejaran otomatis bisa tertata sendirinya ketika kita memencet tombol quantize di dalam keyboard. Untuk keyboard Yamaha series, quantize bisa diatur belakangan, yang penting tidak terlalu kejar-kejaran ketika kita menata sebuah style. Untuk Keyboard Roland series quantize harus diseting sebelum membuat style, apabila pukulan kita tidak tepat pada ketukan metronome, otomatis style yang kita buat juga kejar-kejaran tidak karuan.

Velocity
Velocity berguna untuk membuat sebuah instrumen seperti  alat musik beneran, kalau dalam tehnologi kerboard bisa disebut dengan Touch Response. Apabila kita menekan Tuts pelan maka akan berbunyi pelan juga, apabila kita menekan keras maka akan berbunyi keras juga. Kalau saya pribadi saya menggunakan fasilitas Velocity untuk Drum dan gitar, untuk lainnya biasanya saya seting tetap menjadi 100.

Tulisan atas adalah bagaimana cara memaksimalkan dalam membuat sebuah style untuk dimainkan di keyborad arranger kita, terima kasih.

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon