Pemusik Harus Taat Pada Metronome

Metronome sangat dibutuhkan dalam oleh para pemain drummer, karena dengan bantuan alat metronome ia bisa mengatur tempo agar pas dengan ketukan, jadinya tidak terjadu turun naiknya ketukan. Sedangkan untuk alat lainnya mengikuti pukulan seorang drummer, misalnya mendengarkan ketukan hit hat dan senar yang ia pukul, jadinya terbentuklah kekuatan musik yang enak untuk didengar.


Disini saya mengambil contoh dengan metronome keluaran dari Ibanez, yaitu IBANEZ Tuner Metronome [MU2]. Disitu kita dapat mengatur tempo sampai 30 – 250 BPM, untuk fasilitas lainnya seperti Time Signatures Quarter, Eighth, Sixteenth dan Triplet bisa disesuaikan. Kebetulan teman saya juga punya alat MU2, tapi belum detail mempelajari alat tersebut.
Sebagai seorang arangger harus benar-benar mematuhi metronome, istilahnya buat saya metronome tersebut adalah pasal hukum yang harus di patuhi. Jangan sampai tidak mengindahkan metronome, bisa-bisa aransemen lagu bisa kejar-kejaran tidak karuan.
Silahkan mencoba bermain alat musik seperti drum dan gitar dengan menggunakan metronome, bisa dicoba dengan faisilita dari keyboard, atau membeli metronome di toko alat musik terdekat. Oh iya, di Play Google sepertinya ada, silahkan coba dulu dengan tag ' Metronome Beats '.
Selamat mencoba bermain musik dengan metronome, matur nuwun.

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon