Perbedaan Keyboard Roland Dan Yamaha

Bagi pemakai Keyboard Roland memang tidak bisa dipisahkan begitu saja dengan keyboard keluaran sekarang. Memang tidak bisa dipungkiri, tehnologi dan GM menang keluaran sekarang, keyboard jadul suaranya masih biasa, belum pholiphony. Teringat jaman latihan dulu, waktu itu masih memakai Roland E38, suaranyapun tidak ada yang menandingi, dari segi midle, bass dan output noise ke sound sistem hampir tidak mendesis ( kemresek )
Terus terang saya masih setia bermain dengan Roland seri VA 76, keybaord yang telah memberikan banyak rezqi bagi saya, baik untuk membuat sebuah gubug derita, membiayai anak sekolah dan lain sebagainya. Pada tahun 2014 kemarin saya membeli mainan satu lagi yaitu PSR S950 untuk menemani Roland saya, itupun saya pakai untuk acara non resepsi ,misalnya acara kantor dan acara yang tidak berskala besar.
Nah dari situ saya mendapatkan perbedaan output suara dari kedua keyboard tersebut, menurut saya pribadi perbedaannya antara lain :

Roland
  • Output menghentak dan bass sangat terasa walaupun style tidak di mixing jadi semua style bisa rata semua, asal dalam pembuatan harus mengingat volocitynya
  • Suara tone nyaring dan karkter suara masih jadul ( maklum keyboard jadul )
  • Masih menggunakan Zipdrive dan Floppydrive, padahal kedua alat tersebut mungkin akan punah. Padahal habis membuat Style harus disimpan ke CPU agar suatu saat style rusak bisa dikembalikan ke floppydisk, solusi harus memasang Emulator floppydrive agar bisa membackup style tersebut.
  • User Comproser setiap Main Patern mempunyai 136 bar, entah itu Intro, Fill, Or, Var dan Ending. Maka kita bebas membuat aransemen agar sama dengan lagu aslinya di patern Intronya

Yamaha
  • Output agak kurang menghentak dan bass kurang terasa, soulusi harus kita mixing pertrack agar agak menghentak, resiko bila tidak jeli dalam me-mixing kualitas style nanti tidak rata dengan style lainnya.
  • Suara tone kurang nyaring dan karakter sudah mengikuti suara-suara sekarang pokoknya enak untuk didengar
  • Sudah menggunakan media storage Flashdisk, jadinya setiap membuat style langsung bisa dibackup ke CPU. Untuk flashdisk banyak dijual di toko-toko komputer atau counter Handphone, jadi bila rusak tidak mungkin galau
  • User comproser setiap Main Patern mempunyai 32 bar dan Fil hanya 1 bar. Pengguna dituntut kreatif agar bisa menempatkan improve-improve di Intro atau di Endingnya.

Diatas adalah perbedaan antara Keybaord Roland dan Yamaha menurut saya pribadi, Keyboard keluaran terbaru tetap bagus karena media storage dan tone sudah mengikuti jaman, keyboard jadul media storage sudah punah, dan harus tambah biaya untuk membeli Emulator Floppydrive.

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Ilham Harsen
admin
12 June 2016 at 12:51 ×

perbedaan yamaha psr seri s, E dl apa ya??

Reply
avatar
Teguh 1978
admin
13 June 2016 at 00:38 ×

Perbedaanya series nya mas bos, roland pertama untuk aranger E86,E96,G800,G100,Em2000 dan seri selanjutnya. Untuk yamaha PSR, PSR mempunyai saudara banyak sekali hingga produk sekarang, mungkin itu jawabannya mas bos, terima kasih alias matur nuwon :)

Reply
avatar

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon