Gamelan Demung Saron Dan Peking

Gamelan terdiri dari berbagai macam macam jenis dan fungsinya, seperti alat musik modern drum sebagai penghetak suatu musik dan sebagai ketukan untuk instrumen lainnya. Gamelan juga begitu, kendang jawa berfungsi sebagai penghentak dan pengatur tempo instrumen lainnya, agar para penabuh lainnya bisa mengerti arah kemana tujuan lelagon tersebut.

Ketiga instrumen ini terbuat dari perunggu, kuningan dan besi. Gamelan yang terbuat dari perunggu harganya relatif tinggi, contoh pilahan demung saja per @ mencapai Rp 500.000.00 x 7 pilahan. Gamelan yang terbuat dari perunggu suaranya lebih mantab dan panjang, kelebihannya juga kalau dipukul keras semakin mantab dan tidak gampang retak. Disini saya akan memberikan sedikit pengertian tentan Gamelan demung, saron dan peking dalam karawitan.  


Demung ukuran paling besar sendiri dari ketiga macam jenisnya. Demung berfungsi sebagai ketukan melodi dari lelagon yang dimainkan, oleh karena itu sebagai pemegang alat ini harus benar benar hafal notasi lelagon, ketawang dan ladrang yang diiringinya.

Saron ukuranya sedang berfungsi sebagai penyeimbang dari demung dan menghasilkan suara medium dari alat tersebut. Sebuah karawitan ada 2 Saron juga berfungsi sbagai pinjalan dengan pukulan bergantian dengan saron satunya, maka akan menghasilkan suara yang rampak dalan lelagon tersebut.

Peking ukuranya lebih kecil, paling kecil sendiri, berfunsi sebagai penyeimbang dari demung dan saron. Alat ini bisa juga termasuk kriteria seperti gitar dalam musik keroncong, akan menambah rampak lagu yang diiringinya.

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon