Tokoh Pandawa Lima Dalam Pewayangan

Tokoh tokoh didalam cerita wayang kulit memang banyak sekali, lihat saja pada saat pagelaran wayang, disisi kiri ada para kurawa dan disisi kanan adalah untuk pandawa. Wayang kulit disebut juga wayang purwa yaitu terbuat dari kulit. Di daerah pulau jawa wayang kulit biasanya dipertontonkan semalam suntuk, selesai kira-kira sebelum sholat shubuh. Tapi waktu saya masih kecil wayang kulit selesai pas matahari mulai terbit.

didalam wayang kulit ada tokoh Pandawa Lima, mungkin Ahmad Dhani dulu terinspirasi juga dengan nama tersebut,  dewa 19 mempunyai personel 5 orang, serasi dengan Pandawa 5.

Berikut pandawa lima dalam wayang kulit :

Prabu Puntadewa
Puntadewa adalah raja dari amarta dan adalah anak pertama dari pandhawa lima. Dia sangat-sangat super sabar. disamping dengan khas kesabaranya, dia juga berbakti kepada kedua orang tuanya.

Raden Werkudara 
Raden Werkudara adalah anak kedua dari pandhawa lima, dia berwatak jujur, tegas dan bijaksana. badannya yang besar sangat ditakuti dan disegani oleh musuh-musuhnya. Pusaka yang dia miliki adalah kuku pancanaka, gada rujakpala dan gada lukitasari.

Raden Janaka
Raden Janaka adalah anak ketiga dari pandhawa lima. Menurut cerita dipewayangan dia mempunya face wajah yang ganteng, kesana kesini pasti dicintai oleh gadis gadis wayang :). Raden Janaka senang menolong kesesamanya dan mempunyai senjata ampuh panah Pasopati

Raden Nakula dan Sadewa
Raden Nakula dan Sadewa adalah anak keempat dan kelima dari pandhawa lima. Dia sangat suka dengan pertanian dan memelihara ternak untuk persediaan para penduduk negara Ngamarta.

Untuk tokoh yang lainnya besok akan saya tanyakan ke teman saya dulu, antara lain Togog lan Bilung, Punakawan, Buta Cakil dan tokoh lainnya.


Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon