Patokan Sebelum Menciptakan Sebuah Lagu

Ingin menciptakan lagu sendiri ? apakah yang perlu disiapkan ? membuat lirik dulu ataukah membuat musiknya dulu ? Sebelum melakukannya hendaknya kawan-kawan mempersiapkan peralatan tempur agar bisa meluapkan emosi kita dalam sebuah lagu, peralatannya bisa gitar dan keyboard.


Dalam membuat sebuah lagu sangat diperlukan inspirasi dan ketenangan jiwa, jadi kita harus benar benar santai tidak mempunyai urusan lain selain persiapan membuat lagu tersebut. Inspirasi tersebut timbul dikala kita sedang putus dengan pacar, mempunyai pacar baru dan inspirasi lainnya. Untuk membuat sebuah lagu bisa dimulai dari minus one atau lirik dulu, terserah greget kita sendiri.

Suatu lagu mempunyai lirik yang bisa menghipnotis para pendengarnya, oleh sebab itu buatlah lirik yang mudah dipahami dan gampang dihafalkan oleh pendengarnya. Harap diingat lagu mempunyai struktur atau kerangka, jadi lirik harus benar benar matang dan mempunyai pesan moral kepada pendengarnya. Biasanya lirik lagu terdiri dari bait 1, 2, reff dan bait terakhir. Setelah lirik sudah 99% maka langkah selanjutnya membuat intrumen musik untuk menghidupkan lirik tersebut.

Silahkan menggunakan gitar atau keyboard agar nada benar-benar pas dengan suara kita. Musik dan lirik saling berkaitan dan akan menghidupkan lirik lagu, misal lagu tersebut sedih kita menggunakan akor minor, tapi ada juga lagu sedih menggunakan akor mayor, sebagai contoh lagu milik ST 12 ' Cinta Tak Harus Memiliki '. Nah silahkan dicoba inspirasi kawan-kawan semua dalam membuat subuah lagu, siapa tahu dari hobi bisa menjadi keberuntungan



Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon