Keunikan Lagu Daerah Indonesia

Indonesia mempunyai ratusan bahkan ribuan pulau dengan bermacam-macam ragam budaya, salah satu contoh lagu daerah yang dijadikan lagu kesenian didaerah tertentu. Lagu daerah tersebut biasanya menggunakan bahasa dari asal mula lugu tersebut, sebagai contoh lagu padang bulan dari jawa tengah. Lagu tersebut menceritakan tentang anak anak yang bermain main ketika bulan purnama tiba, dengan suka ria sambil menyanyikan lagu tersebut.

... lagu daerah mempunyai nilai seni tinggi dan keunikan ...

Tidak bisa dipungkiri, dengan berkembangnya dunia musik indonesia, sekarang lagu-lagu daerah sepertinya sudah terlupakan. Entah itu karena talenta-talenta baru tidak mau belajar lagu daerah tersebut. Padahal lagu daerah mempunyai nilai seni tinggi dan keunikan-keunikan yang terkandung didalamnya. Berikut ciri-ciri lagu daerah di Indonesia;

1. Sederhana
Lagu daerah biasanya mepunyai aransemen yang sederhana, baik dilihat dari segi akor dan liriknya. Kebanyakan lagu lagu daerah menggunakan nada pentatonis karena tidak dapat dituliskan dalam notasi umum., tapi dapat diterapkan dengan nada yang digunakan.

2. Turun Temurun
Lagu daerah sifatnya turun temurun dari para pendahulu, dari orang tua kepada anak dan sampi cucu-cucunya. Saya sendiri masih terniang jelas ketika almarhum Simbah putri dan kakung saya mengajarkan lagu Sluku Sluku Bathok ketika malam tiba. Mereka dengan riang memberikan sugesti musik kepada agar bisa menerima lagu tersebut.

3. Kedaerahan
Syair didalam lagu daerah bersifat kedaerahan sehingga artinya hanya dipahami dari mana asal mula lagu tersebut. Sedangkan lagu tersebut hanya tumbuh di daerah itu sendiri, kalau bisa berkembang di daerah lain kemungkinan dibawa orang yang bermigrasi di daerah lain.

4. Pencipta tidak diketahui
Lagu daerah kebanyakan tidak diketahui siapa penciptanya, tidak tertulis dan sifatnya bukan untuk di nilai dengan uang. Sedangkan lagu-lagu sekarang sifatnya hanya sementara, nanti akan hilang sendiri ketika lagu tersebut sudah mulai tidak diminati oleh penikmat seni.

Kesenian di Indonesia memang sudah dikenal dulu dari nenek moyang kita, mereka meninggalkan nilai seni yang tidak bisa dinilai dengan materi.

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon