Cara Sinkron Input Send Master Synt Yamaha PSR S dengan DAW FL Studio

Keyboard keluaran terbaru pasti sudah tersedia host USB untuk di koneksikan dengan CPU atau Laptop, dengan begitu kita mudah untuk membuat song midi ataupun style dengan bantuan software. Adapun sofware tersebut banyak sekali, tinggal kecocokan kita saja, misalnya Cubase, Sonar, Reaper, FL Studio dan lain-lain.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips bagaiman cara mengoneksikan Input Send Master Synt dan Output Generic controller untuk keyboard Yamaha seri PSR S dan sejenisntya. Input Send Master Synt berguna untuk mengontrol suara langsung dari keyboard, keuntungannya voice dapat sinkron dengan Daw kita, misalnya kita menggunakan DAW FL Studio. Sedangkan Output Generic controller berfungsi sebagai kontrol penuh untuk membuat song midi maupun style, jadi Keyboard Yamaha kita bisa untuk kontrol dan output suara. Adapaun langkah langkah yang harus kitalaksanakan sebagai berikut :

1. Pastikan Keyboard dan CPU sudah sinkron dengan kabel USB ( kabel printer ), apabila baru pertama kali tancapkan kabel printer dari keyboard ke CPU atau Laptop. Tunggu sistem mendetek dan menginstal otomatis drivernya, karena driver Yamaha secara otomatis di instal oleh windows.
2. Bila sudah sukses buka DAW FL Studio
3. Kursor mouse ke option dan pilih Midi Setting. Pada kotak output silahkan pilih Digital Workstation dan centang Send Master Synt. 
4. Kursor lagi mouse ke kotak bawahnya, silahkan pilih Digital Workstation dan centang tulisan Enable di bawahnya. Fungsi ini keyboard sebagai pengganti generic control keyboard Midi. Contoh gambar di bawah ini
5. Bila sudah selasai silahkan coba dengan me-replace menu di step sequenser dengan plug in FL Studio midi out dan lihat hasilnya :) , suara keyboard sudah bisa terkontrol dari CPU atau Laptop kesayangan Anda.

Nah Cara Input Send Master Synt Yamaha PSR S dengan DAW FL Studio seperti di atas, langkah tersebut sama dengan Daw lainnya, hanya cara pengaturannya yang berbeda.

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon