Cara Mudah Membuat MIDI Style Dengan FL Studio


Akhirnya terlalui sudah masa masa sulit, internet wafat dan perpanjangan www.mahendrairama.com telat, akhirnya alamat tercinta saya di redirect. Alhamdulillah semuanya sudah terselesaikan tanpa rintangan dan hambatan, koneksi internet sudah hidup lagi dan domain sudah saya perpanjang lagi.
Pada kesempatan kali ini saya akam memberikan informasi bagaimana cara membuat midi song dari FL Studio dan di ubah menjadi STY lewat sonar. Sebelum melakukan langkah ini silahkan kunjungi artikel Cara Sinkron Input Send Master Synt Yamaha PSR S dengan DAW FL Studio, langkah disamping wajib karena akan mempermudah dalam membuat song dengan FL Studio.

Artikel kali ini saya umpamakan keyboard kita sudah sukses dalam eksekusi sincron dengan laptop atau komputer dirumah.
1. Buka Program FL Studio
2. Silahkan cursor mouse ke atas sampler, pilih Replace dan klik MIDI Out.
3. Selain langkah diatas kita juga bisa melakukan langkah lainya, yaitu pilih menu browser, apabila menu tersebut belum terlihat silahkan klik F8 nanti otomatis menu browser akan terlihat. Bagaimana caranya ?
4. Pilih saja Plugin Preset dan pilih generator dan klik MIDI Out. Pada menu pilihan MIDI Out akan tersedia bermacam macam pilihan keyboard kontrol, silahkan saja pilih Basic atau Default. Harap diperhatikan ! silahkan buat 8 track, karena style yamaha terdiri dai 8 track. Untuk mempermudah silahkan saja MIDI Out tadi diberi nama sesuai dengan track didalam Style Creator keybaorad yamaha. contoh dibawah ini :
SAMPLER MIDI OUT
CHANNEL MIDI OUT
RHY 1
9
RHY 2
10
BASS
11
CHD 1
12
CHD 2
13
PAD
14
PHR 1
15
PHR 2
16
Cara mengganti channel, cursor mouse dan klik kiri diatas sampler yang sudah kita ubah namanya. semuanya harus sama dengan contoh diatas. Untuk patch silahkan kosongkan saja, karena nanti tidak bisa bebas memilih voise di internal keyboard Yamaha.

Langkah tersebut baru untuk sofware FL Studio, cara memilih atau mengubah voice di keyboard langkahnya sebagai berikut :
1. Pilih menu mixing Console keyboard yamaha, dalam mixing console tersebut ada 3 bagian yaitu Mixing Console Panel, Mixing Console Style dan mixing Console Song.
2. Pilih saja Mixing Console Song, pilih Menu A (Part dan kursor ke kanan untuk mengubah ke CH9 - 16)
3. Langkah selanjutnya pilih C untuk voice, D untuk balance dan E untuk volume. Pilih saja C untuk mengubah voice sesuai dengan karakter lagu yang akan kita buat.

Nah diatas sedikit informasi Cara Mudah Membuat Style Dengan FL Studio, untuk mengubah file midi menjadi format STY silahkan saja baca artikel Cara Mudah Membuat Style Dari Midi.

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon