Memasukkan loop ke Yamaha Expansion Manager S970

Menggunakan loop untuk membuat dan memainkan style keyboard sangat mempunyai kesan tersendiri, disamping itu sangat mudah ketika membuat style karena loop biasanya sudah di sliced [ dipotong-potong]. Keyboard yang bisa untuk langkah ini harus mempunyai sampling internal, agar bisa harus digabungkan dengan DAW tertentu agar bisa asalkan ada USB host suport Mini, midi In dan Out. Untuk pengeluaran Keyboard terbaru pastilah sudah mempunyai fasilitas sampling untuk memenuhi kebutuhan para arranger agar bisa mengolah sesuai dengan karakter sampling yang dibuat.

Kali ini saya akan memberikan informasi bagaimanakah Memasukkan loop ke Yamaha Expansion Manager S970. Berikut cara-caranya :
  • Buka Sofware Yamaha Expansion Manager
  • Klik My Pack - Klik tombol +Create My Pack, direname sesuai dengan Loop disini saya beri nama Tabla Dhut.
  • Klik Tabla Dhut - Klik tombol +Create Drum Voice, direname Tabla Dhut. Pilih Create Normal Voice untuk membuat voice dan pilih Create Drum Voice untuk membuat voice drum, untuk Import Content abaikan saja. Jangan sampai keliru Loop harus ada pada posisi Drum Voice.
  • Apabila sudah Klik 2 kali Loop Dhut di Tabla Dhut nanti akan terbuka page baru, nah disitulah kita akan menata loop tersebut.
  • Loop bisa didrag ke kotak di bawah Wave Assign atau klik tombol + untuk memanggil explore lantas pilih tempat menyimpan WAV loop. Misalnya loop 1 ke C51, loop 2 ke C52, loop 3 ke C53 dan seterusnya hingga pukulan loop tersebut masuk ke Wava Assign. Apabila Loop tersebut sudah masuk, kotak Wave Assign berubah menjadi biru. Jangan lupa loop yang sudah masuk ke Common harap di Receive Key Off agar tidak ada delay.
Nah itulah bagaimana cara memasukkan Loop agar bisa dibuat sebuah style di Yamaha PSR S970 atau bisa juga lihat video cara diatas, matur nuwun ...

1. Video Membuat Loop Menggunakan FL Studio
2. Video Memasukkan WAV Loop Ke Yamaha Expansion Manager.

  

Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
Purna Irawan
admin
18 October 2016 at 20:38 ×

Mau Nanya Ni Gan. Bagaimana caranya agar File Loop kita bisa mengikuti Tempo

Reply
avatar
Teguh 1978
admin
19 October 2016 at 16:41 ×

Buat file nya per ketukan boss, Misal sample WAV drum 1 bar, harus di potong / sliced per pukulan, jangan sampe 1 sample wav langsung di jadikan ppi, mustahil bisa ngikut tempo ...

Reply
avatar
Teguh 1978
admin
19 October 2016 at 16:47 ×

ato liat ini boss https://goo.gl/Cklu6F, edit di GL and udah jadi lagsung taruh aja satu per satu di tool edit Yamaha manager, semoga berhasil, matur nuwun sudah berkunjung :) (Y)

Reply
avatar

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon