Dasar Dasar Belajar Fl Studio

Sebelum mempelajari lebih jauh software FL Studio, pelajarilah hal hal yang perlu diketahui untuk meluapkan imajinasi musik di hamparan patern dan playist FL Studio. Ibaratnya kita seorang cowok Jok-Ker, sebelum mencari cewek sebagai pacar kita harus mengenal dulu isi hati, watak dan kebiasaan berat shooping sbelum menembak hatinya 😋😋😋 ...

Nah apa saja yang perlu kita pelajari agar sukses membuat atau dengan kata lain mengatur nada di hamparan patern Fl studio ? berikut sedikit ulasannya :

SAMPLER PATERN
Sampler berada di patern, yaitu wadah untuk membuat alur plugin presets dan vst idaman agar bisa menjadi sebuah alunan nada dari inspirasi dalam benak kita yang baru kasmaran. Daalam hamparan patern tersebut kita dibebaskan menata di piano roll hingga beratus ratus bar, hingga berbuah sebuah alunan musik dasar.

PLAYIST PATERN
Playist adalah ahalaman untuk menata instrument yang sudah di tata di smapler patern agar bisa berjalan seperti yang kita inginkan. misalkan di sampler patern kita membuat drum 4 bar, bass 4 bar dan piano 4 bar, setelah ketiga instrument tersebut sudah maksimal maka kita taruh saj di playist patern agar bisa kita dengarkan hasil dari kreatifitas kita.

PLUGIN PRESETS GENERATORS
Plugin preset generators merupakan media yang sudah disediakan oleh Fl studio, jadi setelah kita instal plugin tersebut sudah ada, kita tinggal memaksimalkan agar bisa sesuai dengan harapan kita. sebetulnya plugin preset generators sudah cukup untuk membuat musik elektronik atau musik musik standarat internasional, karena didalamnya sudah ada seperti FPC plugin drum, Slayer plugin gitar, BoBass plugin bass dan plugin handal lainnya.

TEMPO DAN METRONOME
Dalam mengaransemen musik kita tidak lepas dari tempo dan metronome, karena keduanya adalah dasar untuk mengatur irama musik. tampa keduanya pasti akan hambar dan acak acakan. Sebelum bermain main patern Fl Studio atur dulu tempo lagu yang akan kita buat, dan saat menata dengan keyboard controler atau manual menggunakan keyboard laptop metronome harus hidup. Mengapa ? agar pukulan hasil penataan tersebut sesua denagn quantize dari barr di sample patern.

KEYBOARD CONTROLER
Untuk modal dasar kita harus mempunyai keyboard controler yang berfungsi untuk media untuk meluapkan imajinasi bermusik. Tapi untuk pemula seperti saya menggunakan keyboard laptop dan bantuan mouse sudah cukup. kelebihan Fl Studio itu sendiri dalam membuat alunan musik tanpa harus menggunakan keyboard controler pun bisa. Semoga bermanfaat ...


Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon