Inilah Keyboard Arranger Roland Terbaik

Roland mempunyai arranger keyboard yang sungguh luar biasa, contohnya roland E-86 dan E-96. Keyboard tersebut di keluarkan tahun 1993 dan mendapatkan respond yang luar biasa, hampir seniman OT mengejar keyboard tersebut untuk meminangnya. Contoh saya sendiri, dengan rela menjual sepeda motor GL Pro untuk meminang keyboard tersebut. Alhasil keyboard intelegent synthesizer E-86 menjadi tonggak sejarah saya pribadi menggeluti dunia musik untuk menghidupi keluarga.

Menurut saya pribadi, Roland E-86 dan E-96 tidak tertandingi di jamannya, karakter suara low dan high yang bersih menandakan keberhasilan dari roland mengeluarkan keyboard intelegent synthesizer pertamanya. Suara piano, sax, flute dan violin dengan karakter khas roland membuat enjoy saat improvisasi dikala mengiringi lagu kenangan, keroncong dan lagu melayu [dangdut]. Saat itu sungguh luar biasa, suatu nikmat tersendiri yang saya rasakan setelah mengenal lebih jauh tentang keyboard E-86.
source image www.roland.com
Berikut adalah macam- macam tipe roland arranger yang wajib panjenengan semua ketahui :
  • Roland E86 dan E96, keyboard ini memang keyboard legenda untuk dunia musik diseluruh dunia. Keyboard ini telah dibekali general midi dan general sound untuk membuat midi dan membuat style sendiri. Kedua keyboard tersebut masih menggunakan floppy disk untuk menyimpan dan meloading midi maupun style.
  • Roland G-800 dan G-1000, keyboard ini memang sangat ampuh sekali, suara sangat real dan pengoperasiaanya hampir sama dengan E 86 dan E 96. Perbedaan G800 dan G1000 bisa dilihat dari media penyimpanan, G800 menggunakan floppy disk dan G1000 menggunakan zip disk dan hardisk SCSI. Untuk suara hampair sama di antara keduanya, menurut saya lebih tebel G1000. Model kedua keyboard ini sama persis, tanpa speaker bawaaan, misal mau bermain harus menggunakan speaker control aktif atau menggunakan headphones.
  • Roland EM-2000, Keyboard ini modelnya sepertinya perpaduan antar E 86 dan E 96, perbedaan media penyimpanan menggunakan zip disk dan hardisk scsi. Unutk layar sama seperti G 1000 dan 800 dan di tambah fitur D-Beam Controller. Audio menurut saya masih enakan G1000, EM 2000 condong ke suara midle dan treblee.
  • Roland VA 3, 5, 7 dan 76, Nah kalau keyboard ini gak ditanya lagi, sampai saat ini saya masih menggunakan VA76, keyboard inilah untuk mencari rezqi menghidupi keluarga kecil saya. VA7 dan 76 masih menggunakan media penyimpanan zip disk tanpa ada hardisk scsi, seiring berjalannya waktu zip disk pun punah harus diganti dengan usb floppy disk emulator. Untuk seri VA 3, 5 media penyipanan masih menggunakan floppy disk tanpa zip drive, audio jauh sama kakaknya VA 7 dan 76.
  • Roland G-70, Inilah keyboard terkokokh dikelasnya, body yang elegan menambah garang saat perform di panggung, sayangnya saya tidak mempelajari keyboard ini. Menurut temen temen deket roland G70 penyempurnaan dari keyboard tyerdahulu, sayang sekali keyboard ini kurang diminati mungkin saja harganya yang relatif mahal, mungkin lhoooh.
  • Roland E 50, 60 dan 80, Body dari E80 hampir sama dengan EM 2000, tapi fiturnya berbeda jauh dan keyboard ini mempunyai fitur gitar mode layaknya bermain gitar.
Untuk keyboard lainnya seperti Roland GW, BK dan EA 7 tidak saya tulis saja, karena keyboard ini termasuk keyboard baru dan masih banyak digunakan hingga sekarang, bisa panjenengan kunjungi di website resmi roland.

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon