Ingin Kuliah di Institus Seni Indonesia? Ini sejarah Singkatnya

Institut Seni Indonesia atau ISI Surakarta Merupakan perguruan tinggi dibidang Seni di bawah Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Nasional. Sejarah dari ISI Surakarta sebelum menjadi Institut Seni Indonesia adalah dari perguruan tinggi setingakat dengan akademi dengan nama Akademi Seni Karawitan Indonesia surakarta. Aski merupakan tempat atau wadah untuk merintis kembaki perkembangan sini tradisional jawa yaitu seni karawitan.


Dilihat dari sumber dan potensi seni tradisional, sepertinya kota Surakarta sangat memenuhi untuk didirikanya lembaga pendidikan tinggi seni tradisional. Sumber dan potensi tersebut dapat dilihat karena kota Surakarta memliki kedudukan yang sangat kuat dan didukung pula wilayah budaya dari seni itu sendiri. Pada tahun 15 juli 1964 terbitlah keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 068/1964, Akademi Seni Karawitan Indonesia resmi di buka dibawah naungan Direktorat Jendral Departemen Pendidikan Tinggi Departemen Nasional.

Pada tanggal 19 Mei 1973 Akademi Seni Karawitan Indonesia mendapatkan keputusan tentang pedoman status, kurikulum, staf pengajar dan perlengkapan material dari menteri Pendidikan dan kebudayaan nomor 039/O/1973. Tanggal 20 maret 1976 dilakukan pemindahan pengelolaan Akademi Seni Karawitan indonesia dari Direktorat Jenderal Kebudayaan kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 160/M/1974 dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 02/O/1975.

Pada tanggal 12 September 1988 Akademi Seni Karawitan Indonesia berubah menjadi Sekolah Perguruan Tinggi Seni Indonesia yang ditandai dari terbitnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0446/O/1988. Sekolah Perguruan Tinggi Seni Indonesia  berubah statusnya menjadi Institus Seni Indonesia dari terbitnya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 77 Tahun 2006 tanggal 20 Juli 2006, dan pada tanggal 11 september 2006 Menteri Pendidikan Nasional Bapak Prof. Dr. Bambang Sudibyo meresmikan pendopo Institus Seni Indonesia Surakarta.


Institus Seni Indonesia Surakarta mempunyai beberapa program studi untuk menciptakan mahasiswa yang terampil di bidang :
  • Seni Karawitan
  • Etnomusikologi
  • Seni Pedalangan
  • Seni Tari
  • Kriya Teknik
  • Tata Rupa Pentas
  • Kriya Seni
  • Televisi dan Film
  • Seni Rupa Murni
  • Desain Interior
Perjalanan panjang untuk Institus Seni Indonesia Surakarata untuk memperjuangkan dan menjaga kebuayaan Indonesia agar tetap lestari selamanya, kebanggaan sebagai warga kota Surakarta yang mempunyai Institut Seni yang terkenal di Indonesia bahkan manca negara. [Source article from : http://isi-ska.ac.id]

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon