Sejarah Pekembangan Alat Musik di Negara Asia

Perkembangan musik di Asia pada awalnya untuk acara ritual keagaan, sebelum agama Hindu, Budha,  mereka menganut paham animisme dan mereka percaya akan kekuatan gaib dan spiritual. sebagai contoh Gong, Drum dan alat alat musik ritmik seperti tangunggo dari mangindanao dipercaya menjadi jembatan anatar alam gaib dan alam nyata. Gamelan dari jawa Indonesia juga dipercaya dan masih dipakai dalam upacara ritual formal di Indonesia. Gamelan mempunyai nilai nilai luhur yang menghubungkan dunia dengan syurga.

Setelah agama Hindu dan Budha masuk ke Asia dengan adanya peninggalan seperti candi Borobudur, Prambanan di Indonesia dan Sukhotai di Thailand, melambangkan hubungan pandangan hidup, mitologi dan sistem kepercayaan kehidupan nyata di masyarakat. Relief candi Prambanan berkisah epik Ramayana yang sangat luar biasa. Pertunjukan wayang kulit, wayang melayu dan nang taloong memiliki sumber yaitu epik Mahabarata dan Ramayana. Untuk versi Ramayana di Filiphina adalah Radiya Margandiri.

Kekuatan politik Sriwijaya dan majapahit disaat itu meluputi bagian utara China, barat sampai maroko dan timur sampai ke Papua Nugini. Kerajaan besar saat itu bisa menyatukan wilayah yang berbeda dari latar belakang budaya yang menjalin erat hubungan perdagangan dan pertukaran budaya, salah satunya termasuh dibidang seni.

Berikut nama alat musik dan tempat asal ditemukan di Asia :
Instrment
Nama
Tempat ditemukan
Perkusi Melodis
Bonang
Kong Wong
Kolintang
Gulintangan
Gong Rata


Gambang
Renad
Indonesia
Thailand
Filiphina
Brunei darusalam
Luzon
Taiwan
Indocina
Indonesia dan Malaysia
Thailand
Alat Musik Tiup
Suling
Seruling
Indonesia
malaysia
Alat Musik Gesek
Lute dua senar
Kudyapiq Sape
Mangindanao
malaysia
Setelah Agama Islam masuk ke negara negara Asia, musik dan lagu Arab mempengaruhi perkembangan musik dan lagu di Asia. Negara yang sebaran Agama Islam sangat kuat seperti Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam munculah musik gambus, hadrah. zapin dan rebana yang penuh dengan nuansa musik Timur Tengah. Itulah Budaya dan Seni, kita harus pandai menyikapi dan bisa untuk memperkaya nilai seni negara kita, ayo kembangkan !

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon