Hal Yang Perlu Diketahui Dalam Membuat Style All Keyboard

Pada dasarnya, kita diberi kebebasan dalam membuat style sendiri jika user music bawaan dari keyboard tidak tersedia. Musik standard dari keyboard terdiri dari pop, pop rock, ballada dan musik standart internasional. Masalah yang paling sering dialami oleh pemilik keyboard adalah style musik tertentu yang tidak terdapat didalam user keyboard, jadi kita harus membuatnya atau mendapatkannya melalui jasa pembuat style keyboard.

Keyboard arranger keluaran dulu atau terbaru yang ada fasilitas user composer untuk roland dan style creator untuk yamaha pasti sudah bisa untuk membuat style sendiri. dengan fitur tersebut, pemilik keyboard harus bisa membuat style sendiri jika user musik bawaan keyboard tidak tersedia. Untuk seorang keyboardiz pasti dituntut untuk bisa membuat style sendiri karena faktor dari audiens, mereka harus mempunyai karakter tersendiri yang berbeda dengan keyboardiz lainnya.
Berbeda dengan pemilik keyboard yang hanya untuk hiburan semata, hal ini karena faktor aktifitas pekerjaan yang padat dalam sehari-hari, jadi mereka memiliki keyboard untuk menghibur diri bersama keluarga tercinta. Untuk artikel kali ini, saya akan membarekan dasar-dasar yang perlu diketahui untuk membuat style sendiri kepada Anda yang belum mengerti dari fasilitas keyboard user composer atau style creator.

PAHAM LAGU YANG AKAN DIBUAT
Sebelum membuat style, kita harus paham alur intro dan ending pada sebuah lagu, hal ini nantinya yang akan dimasukkan kedalam user composer pukulan demi pukulan drum, bass, gitar dan isi dari lagu yang akan dibuat. Selain itu kita harus memahami alur dari chrod lagu tersebut, dari bait pertam dan bait terakhir.

MENGETAHUI PUKULAN INSTRUMEN
Sebuah lagu pasti ada pukulan unik dari intrument alat musik didalamnya, setiap lagu mempunyai karakter tersendiri. Sebelum menbuat kita harus mempelajari pukulan demi pukulan dari instrumen penyusun lagu tersebut, tidak harus sama persis, karena nantinya kita akan memainkan secara manual dengan dari keyboard arranger.

PEKA TERHADAP METRONOME
Metronome akan membuat style menjadi rapi, jangan sampai style yang kita buat acak-acakan atau kejar-kejaran tidak karuan. Metronome akan memberi ketukan ketika jari jari kita menari menyusun track demi track di tuts keyboard.

TEMPO
Sebuah lagu mempunyai tempo sendiri sendiri, lagu pop kebanyakan mempunyai tempo 60 - 75 bpm, hal ini terserah kepada kita pribadi. Tempo semakin rendah tanda metronome akan semakin pelan, tapi jika tempo semakin cepat maka suara metronome akan cepat pula. Kelebihan tempo cepat, kita sangat terbantu oleh metronome, kekurangannya main style akan penuh apabila kita membuat style dengan bar yang banyak. Untuk keyboard yamaha setiap main style hanya diberikan 32 bar, untuk roland sekitar 130 bar, jadi roland lebiah leluasa dalam urusan bar di dalam user composer.

Itulah keunikan dari sebuah lagu, walaupun hanya terdiri dari beberapa instrumen tapi bisa dibuat alur hingga berjuta-juta bahkan bertriliun-triliun lagu. Monggo berkreasi membuat style unutk hiburan dirumah atu untuk memfasilitasi disaat kita perform diatas panggung, matur nuwun.




Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon