Memaksimalkan Sound Card Onboard Dengan ASIO4ALL

Bagi sahabat sahabat yang bermain musik menggunakan sofware pasti mengenal jauh namanya ASIO4ALL. Sofware ini berfungsi untuk mengurangi latency dari audio onbord maupun non onboard, jadi peran ASIO4ALL untuk kinerja saat mengirim dan meminta akan maksimal.

Ketika membuka sofware FLstudio dengan soundcard onbord akan terlihat jelas latency ketika kita menulis draw di piano roll, ciri-cirinya audio telat atau delay bahkan ada juga audio yang pecah-pecah. Apabila menghadapi masalah ini, sahabat harus menginstal software ASIO4ALL untuk menangani masalah ini.

Berikut cara untuk pengaturan ASIO4ALL untuk sofware FL studio :
1. Buka saftware FL studio
2. Pilih menu option dan kursor mouse ke audio settings
3. Rubah dari primary sound driver ke ASIO4ALL
4. Klik close di hamparan audio settings, otomatis akan menyimpan sendiri.

Langkah diatas masih pengaturan default dari sofware ASIO4ALL, sahabat perlu merubah agar sofware ini bisa maksimal. Setingan default dari ASIO buffer size berada di 512 samples, perlu dirubah samplesnya menjadi kecil.
1. Buka saftware FL studio
2. Pilih menu option dan klik Show ASIO Panel, atau bisa juga ...
3. Pilih tampilan kotak play berwarna hijau di menu taksbar
4. Pilih gambar obeng di pengaturan ASIO4ALL.
5. Silahkan rubah setingan Latency Compensation seperti dibawah ini :
  • In : 48 samples
  • Out : 48 samples
  • Centang Allow Pull Mode dengan buffer offset sekitar 4 ms.
  • Centang Always resample 44.1 kHz - 48 kHz.
  • Centang Force WDW Driver to 16 Bit
  • Rubah juga ASIO Buffer Size dari 512 samples ke 224
  • Close menu ASIO4ALL dan akan menyimpan secara otomatis.
Untuk ukuran ASIO Buffer Size usahakan angka paling kecil agar tidak ada latency permintaan dan pengiriman data dari keyboard virtual untuk soundcard laptop maupun komputer. Perlu ketahui, angka paling kecil kadang berdampak suara pecah-pecah maka sahabat atur sendiri agar suara tidak mengalami nasib disamping.

Pengalaman saya menggunakan soundcard onboard maupun non onboard harus menggunakan ASIO4ALL unruk menghindari latency. Sebagai contoh saya menggunakan souncard ESI JULI@, untuk drivernya sudah tersedia ASIO4ALL versi dari soundcard tersebut, tanpa sofware ASIO4ALL saat membuat midi maupun track di patern juga latencynya gedhe banget

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon