Mentransfer Data Instrument Yamaha Ke Komputer Melalui USB to HOST

Apabila kita ingin membuat song midi melalui sofware musik seperti FL studio, caranya cukup menghubungkan perangkat yamaha ke komputer. Dengan cara ini otomatis data instrumen internal keyboard akan terbaca di sefware FL studio, syarat mutlak keduanya harus tersambung serta pengaturan harus benar.

Membuat song midi menggunkan instrument asli dari General Midi 2, XG, GS akan menambah hidup midi tersebut apabila diputar di perangkat keyboard yang sama. Menggunakan keyboard yamaha sebagai to host ke komputer sepertinya sangat cocok untuk meng-ekplore instrument didalamnya, sebagai contoh Mega Voice yang terdiri dari beberapa instrument penting.

Langkah pertama agar keyboard yamaha terhubung dengan komputer sebagai berikut;

1. Menggunakan kabel USB, bisa kita manfaatkan kabel USB printer atau membeli kabel USB ke toko komputer, harga sekitar 10 ribuan. Selain kabel USB kita bisa menggunkan kabel MIDI 5 pin, tapi untuk mencarinya jarang sekali, kabel midi sudah dimodifikasi menjadi MIDI to USB.
2. Hubungkan keyboard dengan komputer melalui USB to HOST dengan host USB di komputer, tunggu scan device dan instal driver secara otomatis.
3. Buka software music production, disini saya memakai FL studio. Pilih menu OptionMidi Setting Input. Apabila driver sudah sukses terinstal maka akan muncul device dari keyboard yang terhunbung, apabila belum muncul device dari keyboard silahkan saja di rescan MIDI device.
Centang Enable, Auto accept detected controller dan suport hold and sostenuto, untuk yang lain setingan default saja. oh iya apabila device keyboard belum terbaca juga Reboot Komputer dan ulangi langkah 2.

Diatas adalah langkah pertama untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibawah ini langkah paling penting agar instrument keyboard terbaca oleh sofware yang sudah sukses terhubung.
  • Masuk ke setingan keyboard yamaha, tekan Function ➤ MIDI ➤ All Parts ➤ Exit
  • Pilih menu Option di pengaturan FL Studio ➤ MIDI Setting ➤ output. Ubah port number output Digital Keyboard ke angka 0 dan centang send master sync. Untuk port number output dari microsoft MIDI maper dan yang lainnya silahkan di kosongkan saja, imbas bila tidak port tidak dikosongkan nanti suara MIDI akan dobel.
Setelah kedua syarat diatas sudah sukses, kita tinggal membuat song MIDI dengan FL Studio. Standart track dari instrument MIDI ada 16 track, dimana track 10 dengan instrumen Drum Kit. Apabila kita ingin membuat song MIDI dan berenecana akan mengganti ektensi menjadi STY maka midi track disusun dari track 9 sampai 16. Berikut pengaturan channel MIDI FL Studio

1. Buka sofware FL Studio, Biasanya setingan default berada di basic wirh limiter, silahkan baca cara mengubah default template FL studio menjadi empty.
2. Klik kanan mouse patern 1 dan pilih Replace ➤ MIDI out. Ubah nama dan nomor channel seting dari MIDI out sesuai dengan track atau instrument yang akan digunakan. Ingat ! setiap channel mempunyai nomor instrument yang berbeda-beda.
3. Disini saya mencoba untuk membuat Track 1 dengan nomor channel 1. Saya akan memilih instrument Heaven Bell dengan bank #104-000-101. Agar data dari voice Heaven Bell bisa dipanggil ke track 1 caranya sebagai berikut :
  • Channel settings pilih kenomor 1
  • Kolom Bank di channel settings ke posisi 10 [default 0-127]
  • Kolom samping bank ke posisi  0 [default 0-127]
  • Kolom patch ubah keposisi 101 [default 0-128] , detail penampakan seperti dibawah ini :
4. Ulangi langkah 2 dan 3 untuk menambah Track di patern FL Studio. Silahkan cek juga bank voice dan masukkan ke channel settings Midi Out. Berikut contoh Bank number dari Voice Piano :
Semoga artikel Mentransfer Data Instrument Yamaha Ke Komputer Melalui USB to HOST bisa berguna serta bermanfaat bagi dulur-dulur semua, matur nuwun ...

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
sandi 902
admin
1 October 2017 at 08:40 ×

makasie gan..
sangat bermanfaat..
salam knal..

Thank's to sandi 902 sukses selalu :) ...
Reply
avatar

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon