Cara Mengganti Switch Tombol Rusak Untuk Keyboard Roland

Ketika menekan tombol intro, ending atau tombol menu lainnya tidak langsung direspon, itu tanda-tanda switch sudah rusak dan harus diganti yang baru. Bagi yang mengetahui pasti mengira ada masalah dengan keyboard tercinta, padahal hal tersebut dikarenakan switch yang sudah aus. Dengan salah satu tombol sudah aus kita sangat dirugikan, semisal yang rusak switch tombol Fill In pasti tombol tersebut tidak bisa digunakan, alhasil saat perform tidak bisa maksimal.

Langkah tepat adalah keyboard dibawa ke bengkel resmi atau ahli service yang bisa untuk memperbaiki switch tombol yang sudah rusak. Apabila kita berani mengganti sendiri, kita bisa menekan pengeluaran service mengganti switch, kita harus menggantinya sendiri agar tombol normal seperti sedia kala. Syaratnya kita harus mempunyai switch dengan membeli ditoko elektronik sekitar Rp 500-1000 per biji.


Bagaimakah cara mengganti switch yang sudah aus atau rusak, berikut peralatan dan cara memperbaikinya.

Peralatan :
  • Switch
  • Solder
  • Timah atau tenol
  • Desoldering tracker
  • Obeng plus untk membuka case keyboard dan PCB board
Cara memperbaikinya :
1. Buka casing keyboard dan buka pula PCB dimana switch yang bermasalah 2. Panasi dulu solder untuk melelehkan timah pada kaki switch dan sedot timah yang meleleh menggunakan desoldering tracker hingga benar-benar bersih.
3. Cabut pelan-pelan switch dan jangan telalu memaksa ! apabila masih sulit dicabut berarti timah masih ada yang dikaki switch tersebut, sedot menggunakan desoldering tracker hingga bersih.  Lihat juga lubangnya bekas swicth tersebut hingga benar-benar bolong, nantinya agar switch pengganti bisa terpasang dengan sempurna.
4. Pasang switch pengganti sesuai dengan posisi semula dan di solder serapi mungkin agar awet dan tidak gampang rusak kembali.
5. Pasang kembali PCB board dan casing keyboard dan tombol menu sudah normal kembali.

Saya ingatkan ! langkah 2 dan 3 harus ekstra hati2 ! karena PCB board terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan bawah dan atas, jika terlalu panas saya takutkan kuningan tempat swicth tersebut ikut terangkat, jadi usahakan harus ekstra hati-hati, matur nuwun.

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon