PSR A3000 Keyboard Sejuta Umat Terbaru dari Yamaha Musik

Satu lagi produk terbaru dari Yamaha Musical Instruments, PSR A3000 keyboard aranger workstations pengganti adiknya PSR A2000. Keyboard PSR A3000 pastinya ditujukan untuk negara timur tengah, hal ini dapat diketahui dari fitur maupun style original yang disediakan di produk ini.

Walaupun saya belum memegang atau mengoperasikan keyboard yamaha PSR A3000 tapi setidaknya dari pengalaman sebelumnya dari seri adiknya A2000 pastilah sama, hanya dirubah dari fitur dan spesifikasinya seperti sere PSR S lainnya. Sebagai pengguna pasti kita dituntut untuk mengembangkan kreatifitas dari fitur yang disediakan oleh Yamaha PSR A3000 dengan fitur Expansion Voice untuk mengekplore etnik musik kita sendiri.

Expandability Expansion Voice

Berbeda dengan PSR A2000 yang hanya dibekali dengan max 64 Mb untuk expansion voice saja, PSR A3000 dibekali memory flash modul sama dengan PSR S970 approx. 512 MB max. Bisadiambil kesimpulan dengan memori yang besar unser akan lebih mudah untuk mengexplore kekurang voice dari PSR S3000.

Internal Memory Lebih Besar

Satu lagi kelebihan dari PSR A3000, internal memorynya sudah tersedia sekitar 13 MB untuk menyimpan Style, Song, Midi dan data lainnya. Dengan memori internal sebesar itu flash disk bisa jadi tidak digunakan, pengguna akan lebih suka untuk menyimpan ke internal memory keyboard Yamaha PSR A3000. Untuk hitungan kilobyte 1028 Mb =  1Kb, 32 = 32768 Kb, dengan mengandalkan internal memory pengguna bisa menyimpan ribuan style bila berukuran 20 Kb.

Display

Layar dari PSR A3000 sudah TFT Color Wide VGA LCD sama persis dengan PSR S970, tampilan lebih menawan. Berbeda dengan generasi PSR A2000, layar masih menggunakan B / W QVGA LCD sama persis dengan PSR S750.


Selain fitur baru diatas Yamaha PSR A3000 memiliki berbagai fitur bari, dari ;
  • Joystik untuk menghidupkan karakter dari voice internal maupun sampling buatan sendiri.
  • Fungsi Arpegio untuk fitur scale di atas joystick, jadi tidah usah membuka menu dari keyboard Yamaha PSR A3000.
  • Sudah ada board MP3 jadi bisa untuk memutar audio format MP3 maupun WAV.
  • Sound sistem lebih jernih dibandingkan dari keluaran sebelumnya dengan fitur master EQ dan comp.
  • Effects Real Distortion dan Real Reverb untuk diterapkan kedalam setiap track patern maupun song midi.
  • Drum Setup function in Style Creator untuk mengedit drum kit sesuai dengan selera pengguna.
Dengan mengeluarkan PSR A3000 pastinya yamaha memperbaiki kekurangan dari PSR A2000 agar lebih optimal untuk digunakan arranger senior maupun yunior. Tertarik ? monggo silahkan kunjungi dealer Yamaha Music terdekat, matur nuwun.

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon