Take Vokal menggunakan Mic Taffware Condensor BM-800

Untuk merekam suara vokal dibutuhkan microphone yang dihubungkan ke coundcard komputer dan hasilnya di edit menggunakan software untuk mendapatkan hasil maksimal. Bukan untuk suara vokal saja, semisal merekam gitar untuk di gabungkan dengan musik minus one juga dibutuhkan suara, langkahnya sama seperti merekam suara vokal. Perbedaanya merekam vokal harus menggunakan media microphone, sedangkan gitar hanya menggunkan kabel L dan R.


Microphone untuk digunakan sebagai media merekam suara harganya bermacam-macam, dari harga murah sampai harga mahal. Hardware untuk merekam suara saya menggunakan Mic Taffware Condensor BM-800, dengan hasil yang tidak mengecewakan. Untuk harga dari Mic Taffware Condensor  BM-800 bisa dibilang murah, sekitar Rp 200.000 kita sudah memiliki mic dengan kualitas yang baik.
Untuk take vokal menggunakan Mic Taffware Condensor BM-800 kita harus menggunakan media komputer atau laptop. Mic condensor tidak dapat bekerja untuk rekaman manual dengan input mixer, karena mic ini harus membutuhkan suplai daya agar bisa digunakan. Berikut cara menggunakan Mic Taffware BM-800 :
  • Instal dulu sofware perekaman audio seperti Adobe Audition, Sony Vegas, Audacity dan software ynag berkaitan dengan audio record. Untuk merekam audio vokal saya menggunakan Audacity walaupun nanti saya maksimalkan lagi di software FL studio
  • Setting dulu input audio yang terdapat dala software yang kita pilih. Untuk Audacity, input device pilih primary sound capture driver dan output device pilih primary sound driver.
  • Untuk volume input silahkan cek manual agar hasil record tidak over agar nantinya audio bisa halus dan tidak terlalu bising.
  • Colokkan Mic Taffware Condensor BM-800 ke device input soundcard komputer dan secara otomatis akan muncul popup dari sistem windows bahwa input microphone sudah siap.
  • Tekan tombol Record [merah] atau tekan di keyboard Shift + R untuk memulai record dan Space untuk men-stop record.
  • Lihat hasilnya dari rekaman, tinggal save dan digabungkan dengan musik minus one dengan menggunakan software Adobe Audition, Sony Vegas, FL Studio, Reaper dan sofware yang berhubungan dengan musik.
Di atas adalah langkah untuk take vokal mengunakan Mic Taffware Condensor BM-800 atau mic condensor merk lain. Dibawah ini contoh take vokal menggunakan Mic Taffware Condensor BM-800 dan saya edit di Sony Vegas 12.
Monggo yang ingin bernyanyi atau membuat lagu keroncong seperti diatas silahkan mampir ke saluran youtube Teguh 1978, cukup ketik teguh 1978 di search youtube, jangan lupa subscribe nggih [ promosi ] , matur nuwun.

Monggo Bantu Share Artikel " Take Vokal menggunakan Mic Taffware Condensor BM-800 "

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon