Mengapa Tuts Keyboard Yamaha Saat Di Pencet Tidak Bunyi

Namanya saja barang elektronik, jadi siap mental untuk mengalami kerusakan. Seperti halnya keyboard, suatu saat pasti ada masalah, itulah salah satu resiko dari barang. Saya sendiri mengalaminya, pernah board Roland VA 76 mati total, solusinya harus ganti motherboard baru. Tapi kerusakan tersebut dilihat dari penghasilan saat di pakai perform sebenarnya pulih modal.

Untuk Roland bisa dikatakan paling bandel, menurut pengalaman saya. Kerusakan pasti ada di tuts karena kotor oleh debu rokok atau hewan kecil yang masuk kesela-sela karet tuts keyboard. Tapi sekali rusak pengeluaran agak besar, seperti yang saya ungkapkan diatas.

Selama memakai yamaha belum pernah mengalami kerusakan fatal, hanya saja pitc bend yang bermasalah, hal ini sangat mudah untuk mengatasinya, monggo silahkan baca-baca Cara Mengatasi Pitch Bend Fals.

Selain pitch bend ada juga masalah layar blank, jadi layar tidak bisa dilihat hanya warna putih saja yang keluar. selain itu layar hanya buram, tulisan menu dalam layar sama sekali tidak terlihat karena buram. Langkah untuk mengatasi hanya mengganti layar tft menggunakan lcd televisi kecil, itu sih saya dapat dari pengalaman temen sendiri waktu menggunakan PSR 2000.

Untuk Tuts keyboard yang tidak berbunyi saat ditekan, itu ada bebearapa faktor yang perlu Anda ketahui sebelum mengambil keputusan bahwa board atau IC tuts benar-benar rusak
  • Kerusakan karena debu atau binatang kecil yang masuk ke sela-sela karet tuts. Langkah ini bisa diperbaiki dengan membersihkan karbon karet tuts keyboard. Bisa juga panjenengan cek di memperbaiki tuts keyboard roland, yamaha yang mati.
  • Karet tuts pecah karena terlalu keras menekan tuts keyboard. Jika hal ini terganti, Anda harus mengganti karet tuts keyboard jika ingin normal kembali. Saya sendiri tidak menjual karet tuts keyboard yamaha, silahkan hubungi toko musik terdekat atau ahli service keyboard di kota panjenengan.
  • IC MKS rusak. Inilah kerusakan fatal, jika IC ini bermasalah maka kita akan dibuat pusing olehnya. Saat ditekan suara yang keluar agak aneh, mungkin suaranya dobel atau sama sekali tidak ada respond suara saat ditekan. Solusi cari pinjaman board IC MKS milik teman untuk dicoba, kalau boleh :). Langkah ini untuk memastikan bahwa IC MKS keyboard yamaha mengalami kerusakan karena terbalar atau terbalik saat pemasangan socket penghubung ke board IC MKS.
Sebelum mengambil keputusan dari pilihan 3, silahkan cek dulu langkah 1 dan 2, siapa tahu tuts keyboar yamaha Anda hanya kotor atau karet tuts pecah. Setelah cek 1 dan 2 masih saja tidak ada respond berarti IC MKS mengalami kerusakan, semoga bermanfaat.

Monggo Bantu Share Artikel " Mengapa Tuts Keyboard Yamaha Saat Di Pencet Tidak Bunyi "

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon