Dasar Belajar Keyboard Otodidak Mudah Dan Cepat

Dulu saya tidak mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang keyboardiz, SMP dan SMA saja tidak pernah memperhatikan pelajaran seni musik. Dulu berangapan seni musik itu paling jadi pengamen, tidak bisa diandalkan untuk tuntutan perkerjaan. Orang tua juga tidak ada dukungan sama sekali dalam hal seni musik, intinya mereka menuntut harus menjadi pagawai, curhat sedikit.

Keyboardiz profesional harus dituntut untuk bisa menguasai berbagai genree lagu, tapi berbeda dengana saya. Berbekal pengalaman bermain keyboard otodidak, ya semuanya hanya modal naluri dari lagu tersebut, harus mempelajari lagu-lagu baru untuk di jadikan ektensi menurut brand keyboard arranger. Keyboardiz pasti tahu betul partitur not balok, dengan berbekal partitur mereka bisa memainkan semua jenis lagu saat konser. Berbeda dengan saya, dikasih partitur lagu pasti pusing tujuh keliling, namanya saja cuman hafal chord dengan improvisasi keyboard.

Jiwa Seni tidak dimiliki oleh setiap orang, jadi kita sebagai pejuang seni harus bangga atas jiwa seni yang mengalir dalam darah. harus diekplore agar bisa kita tunjukkan kepada semua bahwa kita bisa. Pertanyaanya apakah yang tidak mempuyai naluri seni atau jiwa seni bisa bermain keyboard ? Pasti bisa sekali, walaupun hanya belajar keyboard dasar saja. Nanti lambat laun akan menyesuaikan sendiri, ibarat kita membeli smartphone baru, pasti akan mempelajari fitur dari menu smartphone tersebut.

Sedikit pengalaman untuk belajar keyboard dari saya pribadi, belajar keyboard asal asalan akan untuk hiburan bahkan bisa diandalkan untuk mencari rezqi. Banyak temen yang bertanya, bagaimana belajar keyboard dengan cepat ? jawaban pasti gampanglah, dateng kerumah nanti saja bocorkan rahasianya. Belajar keyboard dengan mudah dan cepat itu pasti bisa banget, beli keyboard baru atau 2nd, download midi song, play :) tinggal bernyayi sesuai dengan midi yang kita play.

Belajar keyboard untuk pemula harus mengerti dasar dasar dari solmisasi keyboard, dengan begitu kita bisa memainkan lagu untuk semua chord dengan nada dasar yang berbeda. Jnagan samapai cuman hafal 1 chord saja, misal hanya tahu nada dasar C, ketika ada lagu dengan chord yang berbeda akan bingung sendiri. Untuk menanggulangi kebingunan hanya ada satu cara, yaitu transpose nda dasar ke chrod C, selesai ! Ingin belajar keyboard dengan mudah dan cepat harus mengetahui atau paham betul jarak 7 nada penyusun yaitu DO-RE-MI-FA-SOL-LA-SI. Lihat gambar dibawah ini :

Gambar A

Gambar B

Gambar A : 7 nada penyusun diatas dengan nada dasar C = DO, solmisasi sesuai dengan nada dasar
Gambar B : Nada dasar keyboard

Nada pada gambar A memiliki jarak, hal ini berlaku untuk semua nada dasar, tidak memandang dari nada dasar apapun. Secara garis besar jarak antara DO-RE-MI-FA-SOL-LA-SI seperti dibawah ini :
1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2
Coba lihat pada gambar A, jelas sekali toeri ini berlaku, dan akan berlaku selamanya jika tuts keyboard tidak copot :) ... Misal nada dasar menggunakan chord G kita harus ingat teori jarak solmisasi diatas. Semoga dengan gambar diatas panjenengan bisa belajar keyboard otodidak dengan mudah dan cepat. Mungkin video akan saya update di postingan ini, matur nuwun.

Monggo Bantu Share Artikel " Dasar Belajar Keyboard Otodidak Mudah Dan Cepat "

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon