Membuat Musik Menggunakan PC

Perkembangan dunia musik semakin hari semakin meningkat, hal ini bisa dilihat dari lagu indie yang unggah di jejaring sosial Youtube. Dibalik semua itu harus ada alat musik untuk mendukung dalam pembuatan sebuah lagu. Untuk membeli alat musik yang bagus tentunya harus mengeluarkan uang yang besar, dengan begitu bisa memaksimalkan hasil kualitas dari musik tersebut.

Apakah ingin membuat musik harus mempunyai alat musik ? jawabannya tidak. Kita bisa menggunakan alat virtual, yaitu alat musik menggunakan sofware atau VST untuk digabungkan dengan sofware musik. Bicara soal VST pasti tidak ada habisnya, banyak sekali VST yang bertebaran di dunia maya yang diaplikasikan untuk membuat musik. Bisa juga membeli VST tersebut di toko DVD software di kota Anda, jadi sangat simple sekali. Kita tidak harus membeli alat musik, dengan mengandalkan plugin dan VST kita bisa membuat lagu untuk geenre musik apapun.


Software untuk membuat musik itu sangat bervarian, tinggal kita sendiri yang memutuskan untuk dijadikan pendamping dalam hal mengolah atau membuat musik. Tidak harus software yang gedhe ukurannya, mahal harganya atau sofware yang terkenal didunia. Setidaknya software tersebut sudah menyatu dalam jiwa untuk membuat musik secara virtual.

Selain media komputer, kita juga bisa membuat musik virtual menggunakan aplikasi Android atau APK. Seiring dengan perkembangan Androis/smartphone, perkembangan aplikasi juga terus berkembang, entah itu dari game, aplikasi photo dan aplikasi untuk membuat dengan musik Android. Silahkan searching di Google Playstore, maka kita akan menemukan ratusa aplikasi untuk membuat musik. Nah, berikut sofware untuk membuat musik menggunakan PC.

SOFTWARE KOMPUTER atau LAPTOP
  • Fruity Loop Studio. Dengan menggunakan software kita sudah disediakan beberapa plugin dari piano, gitar, drum dan synth. Plugin untuk kita gunakan didalam mengaransemen sebuak karya musik. Bila ingin lebih bagus lagu, kita harus menggunakan VST untuk menambah instrument plugin presets generators. macam-macam VST akan saya ulas di artikel berikutnya.
  • PreSonus Studio One. Sofware ini sangat ringan sekali dengan fitur yang mumpuni. PreSonus Studio One juga support dengan VST yang bisa dipanggil setiap saat. Cara memanggilnya musah banget, tinggal di drag saja dimana kita menyimpan VST plugin di sistem C yang akan terbaca di xplore PreSonus Studio One. Bagusnya lagi, VST Fruity Loop Studio juga bisa dibaca oleh PreSonus Studio One.
  • Adobe Audition. Pasti sofware ini cetar membahan banget, dengan segudang fitur didalamnya. Adobe sendiri memang sofware handal dengan menciptakan berbagai sofware editing untuk gambar. video animasi musik dan lain-lain. Saya sendiri jarang menggunakan Adobe Audition, tapi untuk mengolah sampler vokal saya percayakan dengan sofware ini.
  • Reaper. Dulu mengenal Reaper saat heboh-hebohnya keyboard sampling dengan koneksi midi in dan out. Reaper juga bisa kita gunakan untuk membuat musik karena suport dengan VST, DXi dan plugin lainnya. Ukuran sofware musik reaper sangat kecil banget, jadinya OS tidak begitu terbebani.
  • Cakewalk Sonar. Untuk membuat MIDI percayakan saja kepada Sonar, halaman yang terlihat jelas serta metronome untuk memberikan ketukan saat record track MIDI. Sebetulnya sistem kerja sama dengan FL Studio, hanya saja Sonar bisa untuk merubah File MIDI dijadikan ektensi STY utnuk keyboard Yamaha. VST ? sangat support banget, jadi fokus Sonar tidak hanya untuk MIDI saja, tapi bisa kita gunakan untuk membuat musik.
Mungkin itu saja info Membuat Musik Menggunakan PC, sebetulnya masih banyak banget sofware dengankonten membuat musik elektronik, seperti Cubase, Nuendo, Propellerhead Reason dan software lainnya. Intinya semuanya sama, akan menghasilkan sebuah musik yang kita rangkai menggunakan software tersebut, monggo silahkan jatuhkan pilihan kita dalam berekpresi dalam membuat musik.

Monggo Bantu Share Artikel " Membuat Musik Menggunakan PC "

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon