Saatnya Mencintai Alat Musik Tradisional Indonesia

Negara Indonesia terdiri dari berbagai pulau dari sabang sampai merauke, dengan adat, tradisi dan budaya yang berbeda-beda. Disinilah letak kekayaan budaya Indonesia, tentunya sebagai WNI kita harus bangga menghirup udara di negeri yang kaya akan adat, tradisi dan budaya.

Dari keanekaragaman budaya maka memiliki alat musik untuk mengaprsiasikan budaya tersebut, entah itu alat musik. Pengertian Alat Musik Tradisional adalah jenis alat musik yang diciptakan dari budaya setiap daerah, alat musik ini akan turun temurun dipakai untuk mengiringi kesenian dari daerah. Sebagai contoh wayang diiringi oleh gamelan, wayang golek diringi gamelan dan kecapi.

Pada dasarnya alat musik akan menghasilkan suara yang bisa dinikmati oleh setiap orang. Agar bisa menghasilkan suara yang bisa dinikmati harus dimainkan oleh musisi yang ahli dalam bidangnya. Begitu juga alat musik tradisional, setiap daerah memiliki alat musik tradisional sebagai simbol adat tradisi dan budaya.

Bukan hanya di Indonesia saja yang memiliki alat musik tradisional, contohnya di jepang juga memiliki alat musik tradisionlan yaitu biwa hoshi, moso, hieke biwa dan alat musik lainya. Berarti sama dengan Indonesia dengan dimilikinya berbagai alat musik tradisional. Suatu negara pasti memiliki sejarah tersendiri nenek moyang negara tersebut, berjalanya sejarah masa lalu maka akan muncul berbagai adat dan tradisi, contohnya alat musik itu sendiri.


Alat Musik Tradisional yang ada di Indonesia sangat beraneka ragam jenisnya, kalau kumpulkan pasti ada ratusan alat musik yang menjadi simbol dari budaya tersebut. Saya akan memberikan contoh alat musik tradisional dari pulau Sumatera :
  • Gerantung, alat musik dipukul
  • Faritia, alat musik dipukul
  • Gordang sembilan, alat musik dipukul
  • Hapetan, alat musik dipetik
  • gandang, alat musik dipukul
  • Saluang, alat musik ditiup
  • Talempong, alat musik dipukul
  • Pupuik Tanduak, alat musik ditiup
  • Gendang oku, alat musik ditiup
Tak bisa dibayangkan bila kita kumpulkan semua alat musik yang ada di indonesia dari sabang sampai merauke. Inilah keunggulan alat musik tradisional yang ada di Indonesia yang harus kita lestarikan untuk mengenang nenek moyang yang telah menciptakan alat musik tersebut.

Monggo Bantu Share Artikel " Saatnya Mencintai Alat Musik Tradisional Indonesia "

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon