Membuat Lagu Sendiri

Setiap manusia pasti memilki ungkapan imajinasi dalam suatu hal tanpa diketahui. Semua itu  ditandai melalui gerakan ataupun suara yang memberi nilai lebih. Itulah ungkapan suatu seni, jadi kita sendiri sudah diberi karakter seni setelah dilahirkan di dunia tapi jiwa seni seseorang berbeda-beda.

Membuat lagu bukan harus pandai dan mahir memainkan alat musik, kadang seorang musisi malah tidak bisa membuat lagu, itu banyak. Lagu condong ke lirik yang akan menghidupkan kesan moral dari lagu tersebut. Senua ungkapan lirik lagu memiliki arti yang lebih, mungkin pencipta mempunyai pengalaman sendiri atau bisa membaca masalah-masalah yang ada dalam diri orang lain.

Sebelum membuat lagu, sebaiknya memperhatikan hal-hal yang harus dimengerti. Lagu tersebut termasuk didalam genre apa ? masalah percintaan atau sosial ? dan jenis lagu lainnya. Membuat lagu sendiri merupakan hal yang bisa dibanggakan kepada teman-teman. Ingin uji coba buat akun Youtube, Siapa tahu lagu yang kita upload bisa mendapatkan banyak view dan bisa mengenalkan karya sampeyan di Indonesia bahkan mata dunia.

BAR
Bar merupakan panjang dari lagu, setiap lagu pasti memiliki bar yang berbeda. Akan tetapi setiap bait pasti memilik bar yang sama, misalnya bait pertama sebuah lagu pasti mempunyai bar genap yaitu 8 dengan birama 4/4. Tidak ada bar ganjil, kecuali ada lagu yang mengambil pertengahan bar saat break.

TEMPO
Tempo adalah kecepatan birama sebuah lagu. Sebelum membuat lagu harus mengerti tempo agar lagu nanti bisa menghasilkan karya cipta yang bagus.

LIRIK
Buat lirik dengan suku kata yang pas sesuai dengan bar, jangan kebanyakan suku kata yang mengakibatkan tidak akan ada titik temu. Lirik akan digabungkan dengan musik sesuai dengan liriknya, bila kita tidak bisa memainkan alat msuik tapi kita pandai merangkai kata-kata.

NADA
Bila anda sudah terjun didunia karya lirik lagu maka harus bisa menentukan nada pilihan untuk lirik dan lagu yang akan kita buat. Setiap manusia mempunyai karakter suara yang berbeda-beda, ada yang rendah sedang dan tinggi.

MUSIK
Musik bisa diringi dengan akustik gitar dan piano. Bila ke 4 kriteria diatas sudah berhasil maka tinggal menentukan musik untuk menemani lirik lagu yang sudah tercipta. Inilah hebatnya musik yang hanya terdiri dari 7 nada tapi bisa menghasilkan milyaran bahkan tiryunan lagu.

Mungkin masih banyak lagi cara membuat lagu sendiri, diatas hanya sebatas pengalaman saya. Tapi untuk pemusik kelas atas mungkin memiliki cara tersendiri hingga bisa menciptkana ratusan lagu, matur nuwun.

Monggo Bantu Share Artikel " Membuat Lagu Sendiri "

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon