Mixing Audio Menggunakan Sony Vegas

Sony Vegas adalah sofware untuk mengedit video dengan fitur berbagai titel, effek transisi dan effek video. Render video sesuai dengan pilihan kita, ingin merender menjadi video Mpeg High definition atau Mpeg biasa. Apabila ingin merender video HD, master video juga harus sesuai dengan kriteria HD, paling tidak saat proses perekaman menggunakan kamera video yang support HD.

Selain itu Sony Vegas bisa untuk mixing dan mastering audio per-track seperti software audio lainnya. Effek pun sangat bervariasi karena Sony Vegas support dengan VST audio yang bisa menmbah kuat karakter audio sebelumnya. Tak heran Sony Vegas banyak digandrungi oleh editor video dan audio untuk menghasilkan audio dan video berkualitas.


Sony vegas bisa untuk mixing per-track, dengan menginsert per audio ke halaman Sony Vegas. Mixing dilakukan dengan sangat hati hati, telinga harus peka untuk medengarkan master audio. Suara janggalpun bisa di antisipasi menggunakn fitur effek mixing yang sudah tersedia di dalam Sony Vegas. Per-track audio bisa ditambahkan berbagai effek untuk menghasilkan audio yang bagus dari event effects yang sudah di sediakan oleh Sony Vegas.

Semisal mixing WAV audio vokal yang volumenya tidak stabil, kita bisa menmbahkan effek compresor. Effek conpresor Sony Vegas memiliki beberapa pengaturan seperti :
  • Input dan output gain
  • Threshold
  • Amount
  • Attack
  • Release
Apabila ingin menentukan secara otomastis bisa mencentang auto gain compensation dan smooth saturation. Mixing ini berlaku kesemua track audio yang dirasa volumnya timpang agar bisa normal tidak ada volume yang tinggi dan rendah ketika aduio di putar.
Menambahkan effek reverb dan delay juga menambah hidup WAV audio vokal. Vokal yang sebelumnya kering bisa basah dengan menggunakan effek reverb dan delay yang sudah tersedia pada Sony Vegas.

Proses mixing tentunya memerlukan waktu karena kita meng-edit beberapa track audio untuk mengatur balance, equalizer, effek reverb delay dan mengatur kekurangan dari track per track. Berbeda dengan mastering, sesion ini hanya menambahkan beberapa fitur effek dikarenakan mixing kurang sempurna.

Monggo Bantu Share Artikel " Mixing Audio Menggunakan Sony Vegas "

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon