Software Convert MP3 to MIDI

Masih ada teman yang bertanya mengenai sofware untuk mengconvert MP3 dan WAV menjadi sebuah MIDI. Mereka beranggapan bahwa dengan menconvert file MP3 pastinya akan menghasilkan file MIDI yang sangat bagus.

Dulu asumsi saya juga begitu, file MP3 bila diconvert pasti akan menghasilkan file MIDI yang bagus. Sampai saya menyuruh teman yang kerja di Glodok untuk membeli sofware untuk menconvert MP3 to MIDI. Hasilnya sangat menyenangkan sekali ! ternyata file MP3 dan WAV bisa diconvert menjadi file MIDI. Tapi sayang nya cuma satu ! suaranya amburadul he he he ...


Converting MP3 to MIDI bisa di lakukan online, Anda tidak usah menginstal sofware, upload dan tunggu hasil converting. Untuk melakukan converting, jaringan internet harus ada.

Converting MP3 to MIDI bisa dilakukan dengan offline, tidak usah jaringan internet pasti Anda akan bisa mengconvert MP3 dan WAV tanpa kendala.


Sebelum mendonloadnya saya akan memberikan penjelasan sedikit perbedaan antara Format Audio WAV/MP3 dan Audio MIDI.

MP3 dan WAV
Dulu MP3 dikembangkan oleh ilmuwan dari jerman, Karlheinz Brandenburg. MP3 merupakan berkas dari file video MPEG yang memakai kompresi Pulse Code Modulation. Kelebihan MP3 yaitu filenya lebih kecil daripada file MPEG, birate audio bisa diatur agar hasilnya lebih kecil. Kekurangan file MP3 terletak di birate audio, semakin kecil output kompresi birate maka hasilnya akan pecah. Nah untuk hasil kompresi yang baik, silahkan atur output kompresi birate 256 Kbps sebelum mengconvert file MPEG. Tidak pervaya ? silahkan baca saja di https://id.wikipedia.org/wiki/MP3.

MIDI
MIDI terdiri dari 16 track, setiap track instrumentnya bisa diubah sesuai dengan keinginan kita. Default drum set MIDI berada di track 10, yang lainnya bebas kita atur sesuai dengan format lagu yang akan kita buat. Coba saja buka file satu per satu file audio MIDI menggunakan software Sweet MIDI player, setiap instrument akan berbeda-beda sesuai dengan Arranger MIDI.

Dari kedua penjelasan di atas mungkin akan memperjelas perbedaan signifikan antara audio MP3 dan MIDI. Apakah file MP3 bisa di convert menjadi file MIDI ? 100% bisa ! tapi akan menjadi 1 track yang audionya sungguh berantakan, Matur Nuwun.

Monggo Bantu Share Artikel " Software Convert MP3 to MIDI "

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon