Masalah Style Yamaha Menjadi Kacau

Saya pernah ditanya soal style menjadi kacau, saat dimainkan bukan layaknya style akan tetapi suaranya tidak pada mestinya. sebagai contoh harusnya track 11 voice bass ternyata piano, track 10 drum juga menjadi piano.

Apabila mengalami masalah seperti ini kita harus mengambil langkah manual agar style tersebut kembali normal. Kadang ada style yang diperbaiki tidak bisa maksimal karena dalam pembuatanya menggunkan intrument buatan sendiri dengan fitur sampling.


Langkah untuk memperbaiki harus mempelajari dulu dari style tersebut. Meneliti manual dari track manakah yang kacau untuk menentukan voice yang tepat. Style kacau biasanya ada beberapa penyebab;
  • Stye menggunakan expansion. Apabila dipakai menggunakan keyboard yang berbeda tanpa diinstal ekpansion asli dari style tersebut maka style menjadi kacau. Walaupun diperbaiki jika letak instrument midi tidak sama dengan instrument tujuan maka tidak akan berhasil.
  • Stlye tidak cocok untuk type keyboard. Keyboard terbaru yamaha menggunakan type SFF2, untuk keyboard jadul menggunakan mode SFF1. Tidak beraturan atau style kacau terbsebut karena faktor mode SFF2 dan SFF1 akan terlihat letak main per main. Silahkan baca " Cara Kerja Style Format 2 Converter " untuk mengetahui perbedaan dan cara mengubah style tersebut.
  • Measure dan Quantize. Masalah ini akan terlihat quantise bar tidak enak untk didengar. Quantise dalam pembuatan style sangat diperlukan karena akan meratakan atau menyamakan birama pas dalam ketukan. Untuk memperbaiki cukup tindakan manual yang telah disediakan di style creator yamaha.
Style kacau bukan berarti keyborad kita yang rusak akan tetapi disebabkan oleh style itu sendiri. Jika kita memiliki keyboard mandiri yang telah memiliki style creator sendiri, kita diharuskan untuk bisa menbuat style tanpa bergantung dengan arranger lain. Semoga bermanfaat

Monggo Bantu Share Artikel " Masalah Style Yamaha Menjadi Kacau "

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon