Sebaiknya Anda Tahu Nama Dari Gamelan Karawitan

Kata Karawitan pasti tidak awam lagi buat orang jawa, suatu kesenian tradisional yang sangat populer di Indonesia maupun luar negeri. Uyon-uyon, klenengan dan laras madya termasuk cakupan dari karawaitan.

"Sesuk yen jagong gone lik karsono bareng yo Jo ! Hiburane sesuk uyon uyon soko Sragen". Uyon-uyon adalah Karawitan, secara lisan atau gampangnya Uyon-uyon.

Berbeda dengan laras madya, kesenian ini tetap menggunakan gamelan, nayago dan pesinden. Laras madya hanya terdiri dari gamelan tertentu, tidak komplet seperti karawitan. Laras madya tetap menggunakan gamelan, nayago dan pesinden.

Gamelan karawitan ada dua macam, yaitu slendro dan pelog, atau gamelan rong pangkon. Walaupun slendro pelog nayogo atau penabuh hanya menabuh satu gamelan tersebut. Misalnya bonang pelog dan slendro, penabuh akan berganti posisi ketika mengiring gending yang berbeda laras.


Artikel kali ini untuk sekedar Anda mengetahui gamelan untuk mengiringi Karawitan, setidaknya tidak bingung ketika melihat atau bermain gamelan.

BONANG
Bonang bentuknya bulat dan ada tonjolan diatasnya, mirip roti bolu. Bonang memiliki 2 bagian yaitu bonang barung dan bonang penerus. bonang barung sebagi pembuka gending dan menuntun gamelan lainnya. Bonang penerus akan mengisi dari bonang barung untuk menghasilkan sebuah sekaran yang enak untuk didengar. Pukulan antara bonang barung dan enerus juga berbeda, tapi kedua alat gamelan ini tidak bisa dipiahkan.

KENONG
Kenong bentuknya seperti bonang tapi ukurannya lebih besar. Untuk suara sama dengan bonang tapi suara kenong akag nge-bass. Kenong dipukul sebelum gamelan kempol, tidak bisa diubah karena sudah menjadi kesatuan. Untuk iringan palaran kenong sangat dominan, suaranya akan menegaskan dan memberikan kesan yang berbeda.

DEMUNG
Demung bentuknya lempeng memanjang dengan ukuran yang besar. Demung dipukul satu pukulan sesuai notasi jawa yang ada. Bentuk yang besar maka suara demung sangat dominan sekali untuk seni karawaitan, penabuh atau nayaga harus mempunyai naluri yang tajam untuk mengembangkan sekaran pukulan.

SARON
Saron bentuknya seperti demung, akan tetapi ukuranya yang berbeda, saron bentuk dan ukuran agak kecil dibanding demung. Untuk pukulan sama dengan demung, akan tetapi dalam seni karawitan ada 2 saron untuk imbalan. Saat ompak saron dipukul sama dengan demung, jadi akan menghasilkan suara gamelan yang khas.

PEKING
Peking bentuknya sama seperti demung dan saron, hanya ukuranya sangat kecil dengan suara yang melengking. Peking dipukul 2 kali saat ompak, saat kibar atau ciblon peking membuat sekaran tersendiri yang akan menghidupkan demung dan saron.

Untuk mengiringi pertunjukan wayang kulit, saat sampak peking sangat dominan sekali. Saya sendiri sampai sekarang belum bisa membuat sekaran yang pas untuk iringan wayang. Tapi untuk nayaga mungkin suatu hal yang mudah untuk membuat sekaran sampak agar enak didengar.

GENDER
Gender bentuknya tipis dan dibawahnya ada sebuah bambu yang lubangi. Karakter suara gender sangat halus sekali. Gender memberikan pathokan pesinden dan wirosworo saat gending ditabuh atau saat bowo. Gender ditabuh menggunakan dua alat pemukul yang dipukul satu nayaga. Saat irama Jineman suara gender sangat dominan sekali, karena fungsinya diatas tadi, memnerikan panutan untuk pesinden da wirosworo.

SLENTHEM
Slenthem bentuknya seperti gender tapi hanya dipukul dengan satu alat pemukul. Pukulan slenthem sama dengan demung, akan tetapi suaranya sama seperti gender yang cenderung panjang dan nge-bass.

KETHUK KEMPYANG
Kethuk kempyang bentuknya seperti bonang dan kenong, dipukul bergantian sebelum kenong dan kempol. Kethuk dan kempyang pegang satu penabuh, waluapun jarang dipukul tapi kethuk kempyang dijadikan panutan antara kenong dan gong.

GAMBANG
Gambang terbuat dari kayu yang dipukul menggunakan dua alat pemukul secara bersamaan. gamelan gambang bisa menghidupkan alur gending, ladrang, jineman dan langgam. Untuk irama selembar kecepatan pukulan gambang masih standart, akan tetapi bila sudah dobel pukulannya sangat cepat. Penabuh gambang harus memiliki naluri yang kuat, karena gambang akan memberikan sekaran yang indah saat gending sedang ditabuh.

GONG DAN KEMPOL
Gong dipukul saat habis buko, akhir gending dan suwuk. Gong bentuknya besar dengan suara yang menggelegar, bukan menggelegar seperti bom atau halilintar. Saat habis buko atau suwuk gong tidak ditabuh, mungkin nayaga akan menoleh ke arah penabuh gong, baragkali ngantuk gonya tidak ditabuh.

Kempul dipukul setelah kenong yang menghidupkan sebuah iringan gending karawitan. Pemukul kempol juga akan memukul gong dengan satu alat pemukul. Kempol dipukul setelah kenong sesuai iringannya. Untuk ladrang dan ketawang ada perbedaanya, ladrang dengan 3 pukulan kempul dan gong, tapi untuk ketawang hanya satu pukulan kempul lalu gong.

KENDANG
Kendang akan menegaskan sebuah iringan gending dengan pakem tersendiri. Pukulan kendang mempunya perbedaan antara ladrang, ketawang, jeneman dan iringan lainnya. Kendang terdiri dari beberapa kendang antara lain
  • Kendang Ciblon
  • Kendang Bem
  • Kendang Sabet
  • Kendang Jaipong
REBAB
Rebab bentuknya seperti biola dan termasuk alat digesek. Dalam seni karawitan rebab akan terlihat jelas saat sirepan maupun iringan ketawang. Rebab akan menjadi khas karawitan dKadang rebab dugunakan pembuko sabagi pengganti bonang.

SITER
Siter termasuk alat dipetik dengan dan memiliki senar dobel, suara siter khas seperti mandolin dan alat musik sejenisnya. Saat jineman suara siter sangat dominan sekali, contoh jineman uler kambang dan jineman kandeg. Siter bisa menghidupkan irangan karawitan dan membikin ngantuk pendengarnya.

Diatas mungkin sebagian kecil untuk macam-macam terbentuknya subuah iringan gamelan. Lata yang berbeda tapi akan mengjadikan nilai seni yang tiada tara, itulah sebuah gamelan.

Monggo Bantu Share Artikel " Sebaiknya Anda Tahu Nama Dari Gamelan Karawitan "

Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
2 April 2018 at 19:22 ×

Benar benar mantab ini, budaya yg perlu dilestarikan 👌👍

Reply
avatar
Teguh 1978
admin
2 April 2018 at 21:58 ×

iya mas Satro , sinten malih ingkan badhe nerusne budoyo leluhur ... pelajar asing mawon sami ngansu kawruh wonten ISI Solo , betek-beteknen kepengin pinter kawruh jowo kalih kawruh kesenian jawa, monggo sami dipun penggalih supados budaya panjenengan lan kulo tangsah angremboko wonten nuswantoro ...

Reply
avatar
21 April 2018 at 19:39 ×

Wah, dari sederet alat musik karaitan cumaan benerapa aja yg tau nama namanya.. Terimakasih infonya mas...

Reply
avatar
Teguh 1978
admin
21 April 2018 at 20:59 ×

iya mas ... padahal ada 2 macam loh gamelan, pelog dan slendro :) ... berat juga ya tugas seorang nayaga ...

Reply
avatar

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon