PPF Gamelan Siter Untuk Keyboard Yamaha PSR S Tyros dan Genos

Siter merupakan jenis alat musik dipetik. Dalam karawitan siter sangat dominan sekali suaranya, apalagi pemegang alt musik siter mahir, sangat angel di dengar. Penemu siter saya sendiri kurang paham, sebagai penikmat saya hanya bisa memainkan walaupun hanya asal-asalan.

Sitar berasal dari bahasa belanda yaitu Citer, untuk bahasa Inggris bernama Zither. Dalam keyboard juga ada tone zither, akan tetapi suaranya tidak sama persis sama siter Gamelan.


Untuk memainkan alat musik siter, harus menggunakan 2 tangan, dipetik dengan jari secara bergantian sesuai dengan alur lagu jawa. Pemegang siter gamelan harus hafal gending yang dimainkan atau harus paham notasi.

Sitar memiliki 12 senar, setiap per nada ada 2 senar, jadi total senar sitar ada 24 senar. Satu Gamelan siter merangkap 2 laras yaitu Pelog dan Slendro. Di bagian atas pelog dan bawah slendro, tergantung nayaga atau pemain siter yang ingin menngatur laras siter.

Nah, kali ini saya akan membagikan PPF Gamelan Siter untuk keyboard Yamaha PSR S Tyros dan Genos.

Monggo Bantu Share Artikel " PPF Gamelan Siter Untuk Keyboard Yamaha PSR S Tyros dan Genos "

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Ivlay Fus
admin
23 April 2018 at 11:13 ×

Ini adalah seni dan budaya tinggi bangsa kita

Reply
avatar
Teguh 1978
admin
23 April 2018 at 17:59 ×

iya mas, bangsa kita kaya akan adat dan tradisi, semoga saja selalu terjaga ...

Reply
avatar

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon