Seruling Recorder Yamaha

Masih ingat kan ketika masih menimba ilmu waktu SMP? pas pelajaran kesenian seni musik ada praktek seruling recorder. Jaman saya theme lagu untuk praktek pasti lagu nasional, seperti Indonesia Raya, Ibu Kita Kartini dan lagu nasional lainnya. Pas maju kedepan pasti demam banget, keringat keluar seperti air mata dari pori-pori tubuh. E malah sekarang seni musik malah menjadi kerjaan saya, tidak terpikirkan ! Alhamdulillah ...

Jaman sekarang saya tidak tahu lagi, apakah praktek memainkan seruling recorder masih ada didalam pelajaran seni musik. Perkembangan musik yang begitu cepat pastinya akan menggusur alat musik ini, tapi saya berharap ! semoga saja praktek seni musik yang mendidik sealu ada dalam pelajaran seni musik.

Seruling recorder harganya terjangkau, tidak seperti alat musik lainnya dengan harga jutaan rupiah. Untuk seri Yamaha Recoder YRS-20G harga sekitar 40 ribu rupiah dan seri Yamaha Recorder YRA-27 III sekitar 352 ribu rupiah.


Bila dilihat kedua seri seruling Yamaha sih sama, mungkin saja bahannya yang berbeda. Ada perbedaan dari bahannya mungkin saja suara saat ditiup semakin jelas atau semakin bagus.

Cara memainkan Seruling recorder sebenarnya cukup mudah, dengan mengatur pernafasan serta fokus ke notasi. Berikut beberapa lubang yang harus ditutup dan dibuka saat ingin memainkan seruling recorder.
  • Do = lubang 1, semua lubang seruling recorder ditutup dengan rapat
  • Re = lubang 2, lubang 7 dibuka
  • Mi = lubang 3
  • Fa = lubang 4
  • Sol = lubang 5
  • La = lubang 6
  • Si = lubang 7

Monggo Bantu Share Artikel " Seruling Recorder Yamaha "

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon