6 Software Music Production Terbaik

Ada beberapa sofware untuk memproduksi audio dan musik yang wajib kita ketahui, mungkin saja sofware tersebut cocok dengan kriteria kita. Dengan begitu kita akan enjoy dan senang disaat menggunakan software yang kita pilih.

Sebelum menjatuhkan pilihan, kita harus mengetahui dulu dari software tersebut, yaitu
  • Mengetahui system requirements
  • Apakah software yang kita pilih sangat memberatkan sistem
  • Support dengan souncard onboard ataukah harus menambah souncard exsternal
  • Harga yang terjangkau

Nah kali ini saya akan memberikan beberapa The Best Software Music Production Terbaik :

CUCKOOS REAPER

Dulu saya menggunakan software Reaper hanya untuk modul sampling, setelah saya explore ternyata memiliki feature yang bagus untuk mem-fasilitasi edit audio ataupun membuat musik sendiri.

Pengaturan yang mudah serta pilihan new track tak terhingga sangat memudahkan meluapkan ide di dalam hamparan track Reaper.
Apakah Reaper membratkan sistem? sama sekali tidak! saya memakai reaper bertahun-tahun untuk perform saat ngamen antar RT dan RW. Selain itu software ini sangat support dengan DXi dan VSTi untuk menhasilkan audio musik yang bisa dibanggakan.

Check Official Sofware Cuckoos Reaper : www.reaper.fm

SONAR X3

Sonar Producer Edition X3 akan mempermudah menulis lagu-lagu yang lengkap didalam piano roll yang sudah disediakan. Dengan fitur interface yang bagus dan canggih juga memudahkan rancangan kerja untuk meluapkan inspirasi didalam track Sonar X3.

Dulu Sonar saya gunakan untuk membuat midi saja, ternyata bisa juga dijadikan modul sampling untuk keyboard non sampling.
Nah, apabila kita seorang keyboadis maka saya sarankan bermain-mainlah bersama Sonar karena didalamnyaterdapat fitur yang bisa kita gunakan untuk membantu kinerja dalam menciptakan style maupun audio.

Check Official Sofware Cuckoos Reaper : www.cakewalk.com/products/SONAR


STEINBERG NUENDO

Steinberg Nuendo Digital Audio Workstation merupakan software yang diperuntukkan untuk rekaman musik, mengatur, editing untuk menghasil audio yang sempurna. Nuendo juga digunakan untuk pembuatan multimedia dan audio sequencing.

Saya kutip dari website resmi Nuendo :
... with groundbreaking tools tailored for professional workflows, Nuendo 8 is the new standard for audio-to-picture work - be it in game audio, TV or film post-production ...
Dengan terobosan tool yang dirancang untuk alur kerja profesional, Nuendo 8 adalah sofware standar terbaru untuk audio, produksi audio game, audio TV dan produksi soundtrack film.

Check Official Sofware Steinberg Nuendo : www.steinberg.net


FL STUDIO 12

Software Fruity Loops sangat dikenal sebagai digital audio workstation. Alasannya soaftware multi fungsi dan terpercaya, plug-in bawaan yang bagus untuk mengolah audio bahkan membuat musik sekaligus.
Sangat kompleks apabila dilihat dari sudut pandang software saja, apa yang dibutuhkan dalam menciptakan musik ada disini. Kita ingin menyusun track, mengatur mixing, merekam audio agar tercipta audio musik yang berkualitas.

Selain itu FL Studio support dari bebagai macam plugin, sperti VST, DXi, SF2 dan mastering MIDI. Maka dari itu FL Studio 12 seniman luar negeri seperti Dead Maus, Avicii, AfroJack, Martin Garrix, dan lainnya menggunakan software Image Line Fl Studio.

Check Official Sofware FL Studio : www.image-line.com

PRESONUS STUDIO ONE

Tampilan yang simple tapi kualitas hasil audio bisa dibanggakan. Presonus Studo One sangat ramah untuk diinstal ke platform Mac dan Windows dengan memory ram 4GB serta soundcard audio yang rendah latecy.

Fitur mixing dari pilihan effek, volume, cut dan lain sebagainya ada didalam sofware ini. Kita diberi kebebasan untuk memilih template yang sudah tersdia di pack instalan, seperti Band recording, House Techno, Multitrack recording di pilihan lainnya.

Check Official Sofware Presonus Studio One : www.presonus.com

ABLETON LIVE

Ableton Live adalah sofware yang bagus untuk menunjang untuk membuat track audio. Inspirasi bisa diluapkan di sofware ini dengan bantuan keyboard controler sebagai DAW. Live feature device MIDI mampu untuk merekam ide dan gagasan untuk menciptakan audio musik yang berkualitas.

Ableton Live menyediakan fitur warping yang berfungsi untuk mengubah tempo dan waktu secara real-time, tanpa menghentikan musik. APalagi kita hobi bermain dengan perangkat keras DJ player, bisa di gabungkan dengan software Ableton Live.

Kurang lebih ada 3000 audio untuk kita tempel ke track per track, contohnya instrumen akustik, multi sampel,  drum kit, dan sampel audio lainnya.

Check Official Sofware Ableton Live : www.ableton.com

Selain software diatas, masih banyak lagi software yang berguna untuk mendukung kita dalam menciptakan audio. Silahkan memilih sesuai dengan pilihan kita, toh semua juga sama fungsinya yaitu untuk mengedit atau membuat sebuah musik sendiri atau cover lagu dari orang lain.

Monggo Bantu Share Artikel " 6 Software Music Production Terbaik "

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan open ID dan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon