Dasar Sebelum Memainkan Keyboard Arranger Untuk Pemula

Keyboard Arranger, suatu alat untuk memainkan voice instrument music  bahkan juga bia membuat sebuah music. Didalam keyboard arranger, sudah tersusun berbagai instrument alat music sperti piano, gitar, synth dan instrument lain.

Selain instrument music style dari berbagai macam jenis musik yang ada di dunia ini. Style ini diambil atau dibuat dari voice voice instrument music yang ada didalam keyboard. Fasilitas ini tidak memandang keyboard murah atau mahal, fungsi style merupakan keharusan untuk keyboard arranger.
  • Mengerti dan memahami chord lagu yang akan kita mainkan
  • Memiliki perasaan peka dari chord lagu
  • Mengerti dan paham nada dasar, perlu diketahui ! setiap lagu memiliki nada dasar yang berbeda serta alur yang berbeda pula


Nah, untuk memahami sebagai konsep dasar bermain keyboard arranger, kita harus mengenali dari dari poin diatas, Voice, Style dan style Control.

SONG
Menu song sudah disediakan oleh semua jenis keyboard arranger, jadi song midi bisa diputar disemua keyboard.

Banyak sekali pemusik keybard arranger yang menentang dengan song [MIDI], seorang keyboardiz harus dituntut bermain manual style. Tapi untuk saya style dan song sama saja, asalkan kita sendiri yang membuat composer song midi tersebut, tapi bila hanya membeli itu sih sama saja.

Memainkan song paling mudah dan gampang sendiri, tinggal pencet play langsung lancir asalkan vokal tahu alur dari song tersebut. Jika tidak saya jamin pasti amburadul he he he ...

VOICE
Kumpulan beberapa instrument music yang sudah dimemori di dalam keyboard arranger. Sesuai dengan perkembangan jaman, voice akan dikembangkan hingga seperti instrument asli. Voice keyboard bisa digunakan untuk memainkan music band dan individu, contohnya piano, strings dan synth.

Untuk bermain solo keyboard, voice merupakan pilihan utama karena dengan voive tersebut akan menggantikan instrument yang sesuai dengan karakter music, contoh flut, sax, trumpet dan voice lainnya.

STYLE
Kumpulan jenis musik yang ada didunia yang bisa kita mainkan hanya dalam sentuhan jemari, hasilnya alunan music akan berbunyi secara otomatis sesuai dengan chord dasar yang kita mainkan.

Jangan heran, walaupun keyboard arranger namun bisa dimainkan untuk mengiringi lagu-lagi hits milik artis idola. Itulah kelebihan style yang sudah tersimpan didalamnya, untuk lebih jauhnya kita bisa meng-ekplore dengan membuat music style secara mandiri.


STYLE CONTROL
Menu ini merupanan fasilitas dimana kita bisa memilih dari alunan style, secara garis besar Style Control terdiri dari Intro, Main, Fill, Break dan ending. Ada perbedaan nama antara setiap brand keyboard arranger, akan tetapi fungsinya tetap sama yaitu fasilitas untuk memainkan sebah style.

Setiap Main dalam style control akan terisi loop style yang berbeda-beda sesuai dengan irama style tersebut. Contohnya saja style bosanova, main A hanya terdiri dari pukulan bass, gitar akustik dan drum original, untuk main B kesannya berbeda dengan Main A, hal ini bisa dijadikan pembeda antara main A, B, C dan D.

Tulisan diatas hanyalah dasar sebagai bahan untuk memainkan keyboard arranger, selanjutnya kita harus memiliki atau tahu chord dari lagu yang akan kita mainkan, semoga berguna ...

Monggo Bantu Share Artikel " Dasar Sebelum Memainkan Keyboard Arranger Untuk Pemula "

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon