Hal Yang Perlu Di Perhatikan Agar Keyboard Arranger Awet

Namanya barang elektronik, kita tidak tahu kapan akan mengalami kerusakan, itulah resiko dari sebuah barang sepert keyboard arranger. Jika garansi masih berlaku, kita bisa klaim agar diperbaiki sesuai dari syarat garansi tersebut. Bagaimana jika garansi sudah habis ? tentunya harus mengeluargakan dana untuk membeli spart part dari hardware keyboard arranger, workstation dan synthesizer.


Untuk meminimalisir kerusakan, kita harus melakukan hal-hal agar terhindar dari kerusakan. Dengan begitu keyboard musik akan awet ketika kita pergunakan sebagai alat men-composer sebuah lagu rang lain dan karya cipta kita sendiri.

Simpan Di Tempat Yang Kering
Maksudnya jangan menaruh keyboard ditempat yang lembab, ruangan lembab kandungan air sangat tinggi. Jika hal ini dibiarkan embun yang naik dari tanah atau lantai masuk ke komponen yang berada diboard keyboard, dan akan terbentuk jamur disela-sela komponen keyboard.
Komponen perannya sangat vital sekali, jika salah satu ada yang rusak maka keyboard akan bermasalah, bahkan tidak bisa dihidupkan. Jamur tersebut dapat memacu arus pendek ketika keyboard dihidupkan, misalnya saja jamur tersebut tumbuh di IC program keyboard.


Hari demi hari keyboard masih aman, karena jamur tersebut belum pesat berkembang, suatu saat pasti jamur akan memicu arus pendek dan keyboard akan tewas

Arus Listrik
Arus listrik perannya juga penting sekali, biasanya jika daya kurang maksimal atau naik turun, kasus ini akan menyerang power supply. Selain power supply juga menyerang IC utama motherboard keyboard, pengalaman ini pernah menimpa saya.

Ac matic dan motherboard VA roland tewas seketika gara-gara listrik tidak stabil. Gunakan power supply untuk berjaga-jaga ketika daya listrik melonjak karena petir atau daya menurun karena kelebihan beban.
Hindari Air
Dulu teman saya pernah mengalami nasib sial, saat perform air hujan secara tidak sengaja menumpahi keyboardnya. Padahal dia sudah hati-hati, tapi apalah daya :( amanya nasib sial ...

Tips saat manggung di outdoor, harus di sediakan tempat yang layak, apalagi pas musim hujan! jika panggung tidak layak air hujan menjadi musuh utama keyboard arranger.

Hindari Sinar Matahari
Bahan yang ada di dalam keybaord sebagian besar dari palstik tulen. Selain itu ada pereat layar yang menggunakan lem palstik bakar. Jika sinar matahari terus menerus mengenai keyboard arranger akan mengalami kepanasan, dan motherborad, layar dan palstik knop menu akan aus dan kendor.

Selain karet tus juga riskan terhadap panas, kendor sedikit saja debu-debu kotoran dari luar bisa masuk di sela-sela carbon hitam. lama kelamaan tuts akan mati karena jamur kotoran yang tumbuh di carbon tersebut.

Masalah ini masih bisa kita perbaiki dengan membongkar keyboard membersihkan jamur yang menempel di atas carbon PCB dan karet tuts.

Gagal Upgrade OS Keyboard
Jangan sekali-kali mematikan keyboard saat sedang upgrade! jika hal ini terjadi maka room keyboard akan bermasalah selamanya, keyboard tewas dan harus dibawa ke servis center.
Pilih OS yang sesuai dengan seri keyboard, jika jidak cocok maka tidak bisa diinstal. Pakailan UPS dan stavolt untk berjaga-jaga listrik mati lampu mendandak tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Terjatuh
Saat membawa keyboard harus dimasukkan ke dalam hardcase keyboard, aman agar terhindar dari hal-hal yang bisa menjadi peneybab keyboard arranger rusak. Keyboard jatuh secara sengaja maupun tidak sengaja akan membuat body pecah, bila saking banternya PCB yang ada di dalam keyboard juga pecah.
Perlu diketahui, jalur PCB sebagian besar dua muka, yaitu jalur atas dan bawah. Jika board retak maka kita akan kesulitan memperbaikinya, harus mengganti dengan board yang baru jika sparpart tersedia.

Lepas Adaptor dari Daya Listrik
Saat bermain dirumah kadang kita lupa mencopot adaptor yang tertancap di daya listrik. Secara fisik tidak terlihat, akan tetapi bila kita biarkan arus listrik terus mengalir ke adaptor bahkan masuk ke keyboard walupun posisi berada di OFF.

Lama-kelamaan adaptor akan panas karena terus menerus terhubung dengan daya listrik padahal tidak kita gunakan. Mengantisipasi bisa menimalisir terjadinya kerusakan, karena kerusakan tersebut pasti ada sebabnya, semoga berguna dan matur nuwun ...

Monggo Bantu Share Artikel " Hal Yang Perlu Di Perhatikan Agar Keyboard Arranger Awet "

Previous
Next Post »

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun. ConversionConversion EmoticonEmoticon