Keroncong asli

loading...
Progresi akor menjadi ciri khas musik keroncong, karena setiap alat musik mempunyai pukulan sesuai dengan koridor masing-masing. Jenis alat musik yang sederhana akan tetapi mempunyai nilai lebih jika dibandingkan dengan jenis musik lainnya.

Sejak abad 20-an, musik keroncong sudah dikenal, menurut sejarah Portugis sebagai nenek moyang dari musik keroncong, dan di kembangkan dinegara tercinta Indonesia. Ada tiga jenis musik keroncong, yaitu :
Keroncong Alsi
Langgam Keroncong
Stambul
Untuk memainkan musik keroncong sebenarnya sangat mudah, karena musik ini sudah ada alurnya dan tidak bisa diubah seperti musik kebanyakan. Pertama kita harus memahami alur tersebut dan mempraktekan sesuai dengan pola alur yang kita pelajari.


Pelajarilah daro master yang berkompeten dalam bisang keroncong, atau kita bisa mendengarkan musik keroncong asli klasik untuk mempelajari secara detail pukulan setian alat musk keroncong. Denagn begitu, kita bisa memahaminya bahkan bisa meneruskan musik keroncong peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia.

Alat musik yang dipakai untuk meminkan irama keroncong adalah ;
  • Cuk
  • Cak
  • Gitar akustik sebagai gitar melodi
  • Cello
  • Bass
  • Biola
  • Flute
Cak dan Cuk sebagai pemegang kendali irama musik keroncong, Cuk untuk mengimbangi puklan Cak. Kedua alat ini sangat dominan sekali ketika kamu mendengarkan musik keroncong.

Cello sangat berasa sekali, disaat irama 1 dan doble akan terlihat pukulannya. Ditambah dengan alunan melodi khas keroncong, semakin menghangatkan suasana ketika kamu mendengarkan alunan musik keroncong. Bass sebagai penegas, kadang Bass juga membunyai pukulan saat peralihan chord.


Berikut Alur lagu keroncong Asli :
  • Keroncong Asli diawali voorspel, setiap voorspel berbeda-beda, sesuai dengan garapan dari orkes keroncong. Voorspel diawali oleh flute, biola dan gitar melodi. Pemain alat musik ini melakukan improve sesuai dengan nada dasar dari keroncong asli.
  • Keroncong Asli ada interlude untuk menuju ke chorus atau reffren. Interlude mempunyai 8 bar ketika jatuh ke nada SOL sebelum refrend.
Seiring dengan perkembangan industri musik, keroncong terus berkembang sesuai dengan garis musik saat ini. Perkembangan tersebut dapat dilihat dari musik-musik yang berbau dengan pukulan cuk dan cak, enath itu musik pop keroncong dan dangdut keroncong. Semoga musik Keroncong tetap langgeng selamanya ...

* Mohon maaf, artikel Saya tulis ulang 25 Juni 2019, untuk tautan permanen masih utuh, tidak saya ubah, matur nuwun ...
loading...

Post a Comment

20 Comments

  1. langsung cek poin aja to mas !?

    ReplyDelete
  2. -ilmu yg bagus ,, sekarang saya jadi bisa membuat lagu bergenre keronvong,, sudah 5 lagu dan semuanya di sambut baik oleh sekolah saya,, NICE INFO ^_^

    ReplyDelete
  3. bila aku mendengarkan alunan musik keroncong , hati terasa damai, jiwa terasa dingin, kari kita populerkan musik kroncong di tanah air tercinta kepada generasi penerus bangsa, agar tetap abadi dan terus membahana di bumi pertiwi.

    ReplyDelete
  4. keroncong adalah bagian hidup dan usiaku

    ReplyDelete
  5. alunan nada begitu syahdu, ritme suara begitu sendu, menggulir masa ke waktu lapau ..
    keroncong, biarkan alunanmu tetap abadi ...

    ReplyDelete
  6. Keroncong.., membawa saya ke masa-masa romantisme bersama ayah saya..
    Begitu damai.., begitu indah...

    ReplyDelete
  7. trims bos, sedang belajar musik keroncong nih

    ReplyDelete
  8. keroncong memang asik.

    ReplyDelete
  9. ...lumayan bisa melepas rasa rindu kampung halaman, dari pagaralam sumatra selatan

    ReplyDelete
  10. Terima kasih Pak Teguh, salam kenal. Kalau ada mbok diunggah lagu2 keroncong yang karaoke untuk bisa saya gunakan untuk berlatih menyanyi keroncong kegemaran saya.

    ReplyDelete
  11. Assalamu alaikum pak Teguh mbok di unggah lagu2 kerontcong toegoe { keroncong tugu } soalnya saya mencintai lagu2 dari keroncong tugu dan musisi era 1940an 1, YUSOB B 2,RACHMAD ALI
    3,AGUNG BIRAMI DAN NO 3,OSMAN ACHMAD ya pak Teguh unggah lagu mereka di situ bapak terima kasih assalamu alaikum

    ReplyDelete
  12. Assalamu alaikum pak Teguh mbok di unggah lagu2 kerontcong toegoe { keroncong tugu } soalnya saya mencintai lagu2 dari keroncong tugu dan musisi era 1940an 1, YUSOB B 2,RACHMAD ALI
    3,AGUNG BIRAMI DAN NO 3,OSMAN ACHMAD ya pak Teguh unggah lagu mereka di situ bapak terima kasih assalamu alaikum

    ReplyDelete
  13. Saya penggemar keroncong dari kecil sampai sekarang. bahkan saya pernah ngamen dengan lagu 2 keroncong di Jakarta selama 8 tahun dan sukses saya meraih apa yang saya inginkan. sekarang juga saya masih membuat midi lagu keroncong karena susah bagi saya untuk mencari personil keroncong seperti Bintang Jakarta.

    ReplyDelete
  14. Dengan midi keroncong saya bebas untuk bernyanyi danbagi para pecinta keroncong lain bisa memesan. nada dan lagu lagunya. dengan irama keroncong asli

    ReplyDelete
  15. pak Jerico Nicko : ya pak , tak coba cari piringan solo , mbok menowo ada , terima kasih telah berkunjung ....

    ReplyDelete
  16. Pak Bentar Serenata : siap pak , terima kasih , kita saling ajah midi keroncong pak .... terima kasih

    ReplyDelete




  17. Selamat siang Pak Admin,,
    Terima kasih banyak untuk penjelasan yang sangat bermanfaat...
    Selanjutnya saya mau bertanya...
    Bila berkenan, mohon diberi petunjuk apabila kita membuat lagu keroncong menggunakan Kontakt, Fruity loops, dsb... Apa saja VST yang harus kita gunakan?

    ## penjelasan detail panjenengan akan sangat menolong..

    ReplyDelete

Mohon maaf nggih, silahkan berkomentar menggunakan akun Google, komentar anonymous dan link hidup akan saya hafus, mohon pengertiannya, matur nuwun.