Skip to main content

Sampek Tuwek Reggae SKA Sty Yamaha PSR S970

Salam Pasedulran Selawase Boss, entah apa yang merasuki kuh, akhirnya saya kembali Reborn ke dunia blogger. Akhir bulan Puasa menjelang Lebaran Idul Ftri, Adsen saya di Disable oleh Om Google, shock beberapa hari, minggu dan bulan.

Dan akhirnya beberapa hari yang lalu, anak dan istri menyuruh saya untuk kembali lagi di Blog Mahendra Irama, blog yang saya bangun dari jerih payah sendiri, untuk berbagi informasi tentang dunia kibord arranger dan style.


Chat WA yang terus mengisi suasana hidup, membuat saya tergugah kembali untuk membagikan kembali STY terbaru yamaha. Mungkin saja, STY yang saya bagikan bisa berguna untuk sodara tercinta semuanya.

Khusus kedepan dan seterusnya, STY tidak akan saya bubuhi pasword, silahkan langsung di extrack RAR ke hardisk atau falshdisk. Jika soadara semua ingin chat dengan saya, monggo selagi saya bisa membantu, Insya Allah akan saya balas jika Kuota masih ada.

Sampek Tuwek Reggae SKA Sty Yamaha PSR S970

Fitur :
Intro A : Intro LaguMain A, B, C dan Ending…

Gamelan Perunggu

1. Kendhang:
Kendhang mempunyai fungsi utama untuk mengatur irama. Untuk bermain kendhang, dibutuhkan orang yang sangat mendalami budaya Jawa, pastinya harus mengerti pukulan untuk lancaran, ladrangan, ketawangan dan lain-lain. Bukan hanya itu si pemegang kendhang harus mempunyai naluri untuk mengeluarkan sekaran kendhang agar lebih aktraktif. Sebuah karawitan, cokekan dan campursari, kendang memang memegang peranan penting, yaitu sebagai panutan alat lainnya.

2. Demung, Saron, Peking
Gamelan tersebut berbentuk lempengan perunggu, kuningan dan besi. Menurut ukuran dan fungsinya, terdapat tiga jenis yaitu demung, saron dan peking
DEMUNG
Demung memainkan balungan gendhing dalam wilayahnya yang terbatas. Umumnya, satu perangkat gamelan mempunyai satu atau dua demung, tetapi ada gamelan di kraton yang mempunyai lebih dari dua demung.
SARON
Seperti demung, saron barung memainkan balungan dalam wilayahnya yang terbatas. Pada teknik tabuhan imbal-imbalan, dua saron memainkan lagu jalin menjalin yang bertempo cepat. Seperangkat gamelan mempunyai dua saron.
PEKING
Saron panerus atau peking ini memainkan tabuhan rangkap dua atau rangkap empat lagu balungan.

3. Gong Dan Kempul
Gong sangat penting untuk menandai berakhirnya satuan kelompok dasar lagu, sehingga kelompok itu sendiri (yaitu kalimat lagu di antara dua tabuhan gong) dinamakan gongan. Ada dua macam gong:
  • gong ageng 
  • gong suwukan atau gong siyem yang berukuran sedang.
Gong gantung berukuran kecil. Kempul menandai aksen-aksen penting dalam kalimat lagu gendhing. Dalam hubungannya dengan lagu gendhing, kempul bisa memainkan nada yang sama dengan nada balungan; kadang-kadang kempul mendahului nada balungan berikutnya.

4. Bonang
Bonang dibagi menjadi dua jenis, yaitu bonang barung dan bonang panerus. Perbedaannya pada besar dan kecilnya saja, dan juga pada cara memainkan iramanya. Bonang barung berukuran besar, beroktaf tengah sampai tinggi, adalah salah satu dari instrumen-instrumen pemuka dalam ansambel. Pada jenis gendhing bonang, bonang barung memainkan pembuka gendhing dan menuntun alur lagu gendhing. Pada teknik tabuhan imbal-imbalan, bonang barung tidak berfungsi sebagai lagu penuntun, membentuk pola-pola lagu jalin-menjalin dengan bonang panerus.

5. Slenthem
Slenthem termasuk keluarga gender, akan tetapi slenthem mempunyai bilah sebanyak bilah saron. Slenthem beroktaf paling rendah dalam kelompok instrumen saron. Seperti demung dan saron barung, slenthem memainkan lagu balungan dalam wilayahnya yang terbatas.

6. Kethuk dan Kenong
Kenong membagi gongan menjadi dua atau empat kalimat kalimat kenong. Kethuk sama dengan kenong, fungsinya juga sama dengan kenong. Kethuk dan kenong selalu bermain jalin-menjalin.

7. Gender
Gender dimainkan dengan tabuh berbentuk bulat yang dilapisi kain dengan tangkai pendek. Sesuai dengan fungsi lagu, wilayah nada, dan ukurannya, ada dua macam gender:
  • gender barung dan
  • gender panerus.
8. Gambang
Gambang dimainkan dengan tabuh berbentuk bundar dengan tangkai panjang biasanya dari tanduk/sungu. Gambang juga dapat memainkan beberapa macam ornamentasi lagu dan ritme, seperti permainan dua nada dipisahkan oleh dua bilah, atau permainan dua nada dipisahkan oleh enam bilah.

9.  Rebab
Sebagai salah satu dari instrumen pembuka, rebab sebagai pemimpin lagu dalam ansambel, terutama dalam gaya tabuhan lirih. Pada kebanyakan gendhing-gendhing, rebab memainkan lagu pembuka gendhing, menentukan gendhing, laras, dan pathet yang akan dimainkan. Wilayah nada rebab mencakup luas wilayah gendhing apa saja. Maka alur lagu rebab memberi petunjuk yang jelas jalan alur lagu gendhing.

10. Siter
Siter merupakan bagian ricikan gamelan dengan teknik menabuhnya di petik. Jenis instrumen ini di lihat dari bentuk dan warna bunyinya ada tiga macam, yaitu siter, siter penerus dengan ukurannya lebih kecil dari pada siter dan clempung ukurannya lebih besar dari pada siter. Dalam sajian karawitan klenengan atau konser dan iringan wayang fungsi siter sebagai pangrengga.


Ingin melihat bahkan memsan silahkan datang saja ke perngrajin di Sukoharjo, Jawa Tengah. Tepatnya di Gendengan Rt 2 Rw 4, Wirun, Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Alat Musik Melodis, Harmonis Dan Ritmis

Suatu alat yang dapat menghasilkan suara entah itu pentatonis dan diatonis dengan cara dipetik, dipukul dan ditiup termasuk kategori alat musik. Hal ini didasari oleh prinsip dari dasar-dasar alat jenis alat musik yang di atur sedemikan rupa agar menghasilkan sebuah maha karya.

Seiring berkembangnya dunia seni, banyak inovasi dari alat musik tertentu, tujuannya mengembangkan agar alat musik tersebut bisa dikenal oleh masyarakat yang berkecimpung dibindang musik.


Contoh alat musik tradisional gamelan demung, dasar gamelan demung hanya terdiri dari 7 pilhan yang dibuat dari perunggu, kuningan dan besi. Era saat ini, gamelan bisa di inovasi lebih dari 7 pilahan dengan nda dasar pentatonis, tapi tidak lepas dari diatonis. Biasanya demung model ini digunakan untuk mengiringi musik kontemporer etins daerah. Nah alat musik tersebut dibagi menjadi 3 bagian yaitu;
Alat Musik Melodis Alat musik melodis merupakan alat musik yang memainkan melodi lagu, antara lain ;
Rekorder, termasuk alat musik tiup,…

Dasar Belajar Keyboard Otodidak Mudah Dan Cepat

Dulu saya tidak mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang keyboardiz, SMP dan SMA saja tidak pernah memperhatikan pelajaran seni musik. Dulu berangapan seni musik itu paling jadi pengamen, tidak bisa diandalkan untuk tuntutan perkerjaan. Orang tua juga tidak ada dukungan sama sekali dalam hal seni musik, intinya mereka menuntut harus menjadi pagawai, curhat sedikit.

Keyboardiz profesional harus dituntut untuk bisa menguasai berbagai genree lagu, tapi berbeda dengana saya. Berbekal pengalaman bermain keyboard otodidak, ya semuanya hanya modal naluri dari lagu tersebut, harus mempelajari lagu-lagu baru untuk di jadikan ektensi menurut brand keyboard arranger. Keyboardiz pasti tahu betul partitur not balok, dengan berbekal partitur mereka bisa memainkan semua jenis lagu saat konser. Berbeda dengan saya, dikasih partitur lagu pasti pusing tujuh keliling, namanya saja cuman hafal chord dengan improvisasi keyboard.

Jiwa Seni tidak dimiliki oleh setiap orang, jadi kita sebagai pejuang seni …

Wewaton Tembang Macapat

Kasusastran Jawa anyar tembange awujud :
a. tembang gedhe
b. tembang tengahan
c. tembang cilik utawa tembang macapat

Tembang Gedhe Tembang gdhe iku sapada ana petang gatra utawa patang pada pala. Cacahing wanda pala siji lan sijine padha. Lire manawa pada pala kapisan 7 wanda, pada pala kaping pindho lan katelu uga mitung wanda. Cacahing wanda saben sapada pala iku diarani laku. Tembang gedhe iku gunane kanggo mbawani gending utawa sulukan ing pedhalangan. Tuladhane tembang gedhe Maduretna, Pamilatsih, Kusumastuti lan liya-liyane.

Tembang Tengahan Tembang tengahan iku kaiket ing guru wilangan lan guru lagu. Tuladhane tembang tengahan yaiuku : Balabak, Wirangrog lan Juru Demung.

Tembang Macapat Tembang macapat kaiket ing wewaton utawa aturan. Aturane tembang macapat yaiku :
a. guru gatra
b. guru wilangan
c. guru lagu
Guru gatra yaiku cacahe gatra saben sapada, guru wilangan yaiku cacahe wanda saben sagatra, guru lagu yaiku tibane swarane ing pungkasane gatra.

Ing ngisor iki guru gatra, guru wilangan…