Skip to main content

Sampek Tuwek Reggae SKA Sty Yamaha PSR S970

Salam Pasedulran Selawase Boss, entah apa yang merasuki kuh, akhirnya saya kembali Reborn ke dunia blogger. Akhir bulan Puasa menjelang Lebaran Idul Ftri, Adsen saya di Disable oleh Om Google, shock beberapa hari, minggu dan bulan. Dan akhirnya beberapa hari yang lalu, anak dan istri menyuruh saya untuk kembali lagi di Blog Mahendra Irama, blog yang saya bangun dari jerih payah sendiri, untuk berbagi informasi tentang dunia kibord arranger dan style. Chat WA yang terus mengisi suasana hidup, membuat saya tergugah kembali untuk membagikan kembali STY terbaru yamaha. Mungkin saja, STY yang saya bagikan bisa berguna untuk sodara tercinta semuanya. Khusus kedepan dan seterusnya, STY tidak akan saya bubuhi pasword, silahkan langsung di extrack RAR ke hardisk atau falshdisk. Jika soadara semua ingin chat dengan saya, monggo selagi saya bisa membantu, Insya Allah akan saya balas jika Kuota masih ada. Sampek Tuwek Reggae SKA Sty Yamaha PSR S970 Fitur : Intro A : Intro Lagu Main

Lancaran Kebo Giro Pl Br dengan YEP Javanese

Membuat khas musik etnik jawa khususnya  lancaran, ladrangan dan gending harus menggunakan voice yang benar-benar sama dengan karakter instrument tersebut. Biasanya keyboard hanya menyediakan voice bawaan yang sudah terprogram didalamnya, mau tidak mau kita hanya menggunakan voice tersebut.

Alhasil style tersebut tidak sama persis dengan musik etnik jawa yang kita inginkan, padahal suara dari instrumen dari alat musik (gamelan) suaranya sungguh unik, tapi sangat terasa bila ditabuh bersama-sama.


Dijaman modern penuh dengan ibovasi, keyboard arranger mengeluarkan produk dengan khas mereka masing masing, seperti  Keyboard arranger Korg PA3X dengan 256MB PCM RAM Memory, Yamaha Tyros 5 dengan Flash Memory Expansion Module FL1024MB dan FL512MB, serta Roland E-A7 dengan Wave Expansion Memory 128 MB. Dari fitur - fitur tersebut akan memanjakan para arranger untuk membuat voice yang terprogram didalamnya.

Pada kesempatan kali ini saya sempetkan membuat Lancaran kebo Giro PL BR menggunakan YEP Javanese hasil dari saya sendiri, dalan YEP tersebut tardapat voice : kenong, kethuk, kempyang, kempol, saron, demung, sitar, bonang, slenthem mencakup gender dan gong. YEP javanese tersebut sudah saya uji coba dengan PSR S950 dan hasilnya alhamdulliah, bisa dirasakan bagi pandemen gending-gending jawa.

Syaratnya agar kahas YEP javanese tersebut dengan instrumen gamelan harus discale pengaturan keyboard agar ada perbedaan yang sangat signifikan dari YEP tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Alat Musik Melodis, Harmonis Dan Ritmis

Suatu alat yang dapat menghasilkan suara entah itu pentatonis dan diatonis dengan cara dipetik, dipukul dan ditiup termasuk kategori alat musik. Hal ini didasari oleh prinsip dari dasar-dasar alat jenis alat musik yang di atur sedemikan rupa agar menghasilkan sebuah maha karya. Seiring berkembangnya dunia seni, banyak inovasi dari alat musik tertentu, tujuannya mengembangkan agar alat musik tersebut bisa dikenal oleh masyarakat yang berkecimpung dibindang musik. Contoh alat musik tradisional gamelan demung, dasar gamelan demung hanya terdiri dari 7 pilhan yang dibuat dari perunggu, kuningan dan besi. Era saat ini, gamelan bisa di inovasi lebih dari 7 pilahan dengan nda dasar pentatonis, tapi tidak lepas dari diatonis. Biasanya demung model ini digunakan untuk mengiringi musik kontemporer etins daerah. Nah alat musik tersebut dibagi menjadi 3 bagian yaitu; Alat Musik Melodis Alat musik melodis merupakan alat musik yang memainkan melodi lagu, antara lain ; Rekorder , termasuk alat musik

Dasar Belajar Keyboard Otodidak Mudah Dan Cepat

Dulu saya tidak mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang keyboardiz, SMP dan SMA saja tidak pernah memperhatikan pelajaran seni musik. Dulu berangapan seni musik itu paling jadi pengamen, tidak bisa diandalkan untuk tuntutan perkerjaan. Orang tua juga tidak ada dukungan sama sekali dalam hal seni musik, intinya mereka menuntut harus menjadi pagawai, curhat sedikit. Keyboardiz profesional harus dituntut untuk bisa menguasai berbagai genree lagu, tapi berbeda dengana saya. Berbekal pengalaman bermain keyboard otodidak, ya semuanya hanya modal naluri dari lagu tersebut, harus mempelajari lagu-lagu baru untuk di jadikan ektensi menurut brand keyboard arranger. Keyboardiz pasti tahu betul partitur not balok, dengan berbekal partitur mereka bisa memainkan semua jenis lagu saat konser. Berbeda dengan saya, dikasih partitur lagu pasti pusing tujuh keliling, namanya saja cuman hafal chord dengan improvisasi keyboard. Jiwa Seni tidak dimiliki oleh setiap orang, jadi kita sebagai pejuang se

Wewaton Tembang Macapat

Kasusastran Jawa anyar tembange awujud : a. tembang gedhe b. tembang tengahan c. tembang cilik utawa tembang macapat Tembang Gedhe Tembang gdhe iku sapada ana petang gatra utawa patang pada pala. Cacahing wanda pala siji lan sijine padha. Lire manawa pada pala kapisan 7 wanda, pada pala kaping pindho lan katelu uga mitung wanda. Cacahing wanda saben sapada pala iku diarani laku. Tembang gedhe iku gunane kanggo mbawani gending utawa sulukan ing pedhalangan. Tuladhane tembang gedhe Maduretna, Pamilatsih, Kusumastuti lan liya-liyane. Tembang Tengahan Tembang tengahan iku kaiket ing guru wilangan lan guru lagu. Tuladhane tembang tengahan yaiuku : Balabak, Wirangrog lan Juru Demung. Tembang Macapat Tembang macapat kaiket ing wewaton utawa aturan. Aturane tembang macapat yaiku : a. guru gatra b. guru wilangan c. guru lagu Guru gatra yaiku cacahe gatra saben sapada, guru wilangan yaiku cacahe wanda saben sagatra, guru lagu yaiku tibane swarane ing pungkasane gatra . Ing ngisor iki guru gat