Skip to main content

Sampek Tuwek Reggae SKA Sty Yamaha PSR S970

Salam Pasedulran Selawase Boss, entah apa yang merasuki kuh, akhirnya saya kembali Reborn ke dunia blogger. Akhir bulan Puasa menjelang Lebara Idul Ftri, Adsen saya di Disable oleh Om Google, shock beberapa hari, minggu dan bulan.

Dan akhirnya beberapa hari yang lalu, anak dan istri menyuruh saya untuk kembali lagi di Blog Mahendra Irama, blog yang saya bangun dari jerih payah sendiri, untuk berbagi informasi tentang dunia kibord arranger dan style.


Chat WA yang terus mengisi suasana hidup, membuat saya tergugah kembali untuk membagikan kembali STY terbaru yamaha. Mungkin saja, STY yang saya bagikan bisa berguna untuk sodara tercinta semuanya.

Khusus kedepan dan seterusnya, STY tidak akan saya bubuhi pasword, silahkan langsung di extrack RAR ke hardisk atau falshdisk. Jika soadara semua ingin chat dengan saya, monggo selagi saya bisa membantu, Insya Allah akan saya balas jika Kuota masih ada.

Sampek Tuwek Reggae SKA Sty Yamaha PSR S970

Fitur :
Intro A : Intro LaguMain A, B, C dan Ending …

Sebaiknya Anda Tahu Nama Dari Gamelan Karawitan

Kata Karawitan pasti tidak awam lagi buat orang jawa, suatu kesenian tradisional yang sangat populer di Indonesia maupun luar negeri. Uyon-uyon, klenengan dan laras madya termasuk cakupan dari karawaitan.

"Sesuk yen jagong gone lik karsono bareng yo Jo ! Hiburane sesuk uyon uyon soko Sragen". Uyon-uyon adalah Karawitan, secara lisan atau gampangnya Uyon-uyon.

Berbeda dengan laras madya, kesenian ini tetap menggunakan gamelan, nayago dan pesinden. Laras madya hanya terdiri dari gamelan tertentu, tidak komplet seperti karawitan. Laras madya tetap menggunakan gamelan, nayago dan pesinden.

Gamelan karawitan ada dua macam, yaitu slendro dan pelog, atau gamelan rong pangkon. Walaupun slendro pelog nayogo atau penabuh hanya menabuh satu gamelan tersebut. Misalnya bonang pelog dan slendro, penabuh akan berganti posisi ketika mengiring gending yang berbeda laras.


Artikel kali ini untuk sekedar Anda mengetahui gamelan untuk mengiringi Karawitan, setidaknya tidak bingung ketika melihat atau bermain gamelan.

BONANG
Bonang bentuknya bulat dan ada tonjolan diatasnya, mirip roti bolu. Bonang memiliki 2 bagian yaitu bonang barung dan bonang penerus. bonang barung sebagi pembuka gending dan menuntun gamelan lainnya. Bonang penerus akan mengisi dari bonang barung untuk menghasilkan sebuah sekaran yang enak untuk didengar. Pukulan antara bonang barung dan enerus juga berbeda, tapi kedua alat gamelan ini tidak bisa dipiahkan.

KENONG
Kenong bentuknya seperti bonang tapi ukurannya lebih besar. Untuk suara sama dengan bonang tapi suara kenong akag nge-bass. Kenong dipukul sebelum gamelan kempol, tidak bisa diubah karena sudah menjadi kesatuan. Untuk iringan palaran kenong sangat dominan, suaranya akan menegaskan dan memberikan kesan yang berbeda.

DEMUNG
Demung bentuknya lempeng memanjang dengan ukuran yang besar. Demung dipukul satu pukulan sesuai notasi jawa yang ada. Bentuk yang besar maka suara demung sangat dominan sekali untuk seni karawaitan, penabuh atau nayaga harus mempunyai naluri yang tajam untuk mengembangkan sekaran pukulan.

SARON
Saron bentuknya seperti demung, akan tetapi ukuranya yang berbeda, saron bentuk dan ukuran agak kecil dibanding demung. Untuk pukulan sama dengan demung, akan tetapi dalam seni karawitan ada 2 saron untuk imbalan. Saat ompak saron dipukul sama dengan demung, jadi akan menghasilkan suara gamelan yang khas.

PEKING
Peking bentuknya sama seperti demung dan saron, hanya ukuranya sangat kecil dengan suara yang melengking. Peking dipukul 2 kali saat ompak, saat kibar atau ciblon peking membuat sekaran tersendiri yang akan menghidupkan demung dan saron.

Untuk mengiringi pertunjukan wayang kulit, saat sampak peking sangat dominan sekali. Saya sendiri sampai sekarang belum bisa membuat sekaran yang pas untuk iringan wayang. Tapi untuk nayaga mungkin suatu hal yang mudah untuk membuat sekaran sampak agar enak didengar.

GENDER
Gender bentuknya tipis dan dibawahnya ada sebuah bambu yang lubangi. Karakter suara gender sangat halus sekali. Gender memberikan pathokan pesinden dan wirosworo saat gending ditabuh atau saat bowo. Gender ditabuh menggunakan dua alat pemukul yang dipukul satu nayaga. Saat irama Jineman suara gender sangat dominan sekali, karena fungsinya diatas tadi, memnerikan panutan untuk pesinden da wirosworo.

SLENTHEM
Slenthem bentuknya seperti gender tapi hanya dipukul dengan satu alat pemukul. Pukulan slenthem sama dengan demung, akan tetapi suaranya sama seperti gender yang cenderung panjang dan nge-bass.

KETHUK KEMPYANG
Kethuk kempyang bentuknya seperti bonang dan kenong, dipukul bergantian sebelum kenong dan kempol. Kethuk dan kempyang pegang satu penabuh, waluapun jarang dipukul tapi kethuk kempyang dijadikan panutan antara kenong dan gong.

GAMBANG
Gambang terbuat dari kayu yang dipukul menggunakan dua alat pemukul secara bersamaan. gamelan gambang bisa menghidupkan alur gending, ladrang, jineman dan langgam. Untuk irama selembar kecepatan pukulan gambang masih standart, akan tetapi bila sudah dobel pukulannya sangat cepat. Penabuh gambang harus memiliki naluri yang kuat, karena gambang akan memberikan sekaran yang indah saat gending sedang ditabuh.

GONG DAN KEMPOL
Gong dipukul saat habis buko, akhir gending dan suwuk. Gong bentuknya besar dengan suara yang menggelegar, bukan menggelegar seperti bom atau halilintar. Saat habis buko atau suwuk gong tidak ditabuh, mungkin nayaga akan menoleh ke arah penabuh gong, baragkali ngantuk gonya tidak ditabuh.

Kempul dipukul setelah kenong yang menghidupkan sebuah iringan gending karawitan. Pemukul kempol juga akan memukul gong dengan satu alat pemukul. Kempol dipukul setelah kenong sesuai iringannya. Untuk ladrang dan ketawang ada perbedaanya, ladrang dengan 3 pukulan kempul dan gong, tapi untuk ketawang hanya satu pukulan kempul lalu gong.

KENDANG
Kendang akan menegaskan sebuah iringan gending dengan pakem tersendiri. Pukulan kendang mempunya perbedaan antara ladrang, ketawang, jeneman dan iringan lainnya. Kendang terdiri dari beberapa kendang antara lain
  • Kendang Ciblon
  • Kendang Bem
  • Kendang Sabet
  • Kendang Jaipong
REBAB
Rebab bentuknya seperti biola dan termasuk alat digesek. Dalam seni karawitan rebab akan terlihat jelas saat sirepan maupun iringan ketawang. Rebab akan menjadi khas karawitan dKadang rebab dugunakan pembuko sabagi pengganti bonang.

SITER
Siter termasuk alat dipetik dengan dan memiliki senar dobel, suara siter khas seperti mandolin dan alat musik sejenisnya. Saat jineman suara siter sangat dominan sekali, contoh jineman uler kambang dan jineman kandeg. Siter bisa menghidupkan irangan karawitan dan membikin ngantuk pendengarnya.

Diatas mungkin sebagian kecil untuk macam-macam terbentuknya subuah iringan gamelan. Lata yang berbeda tapi akan mengjadikan nilai seni yang tiada tara, itulah sebuah gamelan.

Comments

  1. Benar benar mantab ini, budaya yg perlu dilestarikan 👌👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Satro , sinten malih ingkan badhe nerusne budoyo leluhur ... pelajar asing mawon sami ngansu kawruh wonten ISI Solo , betek-beteknen kepengin pinter kawruh jowo kalih kawruh kesenian jawa, monggo sami dipun penggalih supados budaya panjenengan lan kulo tangsah angremboko wonten nuswantoro ...

      Delete
  2. Wah, dari sederet alat musik karaitan cumaan benerapa aja yg tau nama namanya.. Terimakasih infonya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas ... padahal ada 2 macam loh gamelan, pelog dan slendro :) ... berat juga ya tugas seorang nayaga ...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Dasar Belajar Keyboard Otodidak Mudah Dan Cepat

Dulu saya tidak mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang keyboardiz, SMP dan SMA saja tidak pernah memperhatikan pelajaran seni musik. Dulu berangapan seni musik itu paling jadi pengamen, tidak bisa diandalkan untuk tuntutan perkerjaan. Orang tua juga tidak ada dukungan sama sekali dalam hal seni musik, intinya mereka menuntut harus menjadi pagawai, curhat sedikit.

Keyboardiz profesional harus dituntut untuk bisa menguasai berbagai genree lagu, tapi berbeda dengana saya. Berbekal pengalaman bermain keyboard otodidak, ya semuanya hanya modal naluri dari lagu tersebut, harus mempelajari lagu-lagu baru untuk di jadikan ektensi menurut brand keyboard arranger. Keyboardiz pasti tahu betul partitur not balok, dengan berbekal partitur mereka bisa memainkan semua jenis lagu saat konser. Berbeda dengan saya, dikasih partitur lagu pasti pusing tujuh keliling, namanya saja cuman hafal chord dengan improvisasi keyboard.

Jiwa Seni tidak dimiliki oleh setiap orang, jadi kita sebagai pejuang seni …

Pasrah Temanten Kakung

Jumpa lagi sobat-sobat semua, mumpung longgar tidak ada kerjaan, di sini saya akan memberikan contoh untuk acara pasrah temanten dalan tek bahasa jawa tulen len tulen. Pasrah temanten ini biasanya di lakukan oleh perwakilan dari temanten kakung untuk memeberikan hak sepenuhnya bahwa anaknya sudah siap untuk menikah dan jadikan anaknya sperti anak perempuannya.
Biasanya adat jawa khususnya Solo dan Jogja, pasrah temanten itu masih berlaku hingga sekarang. Mungkin Sobat-sobat ingin tahu bahkan mendalami silahkan baca baik baik, mungkin suatu saat saudara dan teman-teman menikah dengan cewek asli Solo Jogja dan sekitarnya.
Berikut contoh acara Pasrah Temanten Kakung :

Assalamualaikum Wr. Wb.
Nuwun,
Kasugengan saha sih nugrahaning Gusti Inkang Maha Asih kajiwa kasarira wonten ing panjenengan sedaya. Kairing sagunging pakurmatan.
Nuwun, kaparenga matur, minangka sesulihipun Ibu saha Bapak Ariyanto* sakaluwarga, kula kadawuhan masrahaken penganten kakung bagus Jaka Sembung katur dumateng Ibu saha …

Konsep Tehnik dan Prosedur Gerak Seni Tari

Gerakan adalah konsep dasar dari seni tari dan manusia pada hakekatnya makhluk yang bergerak berarti kita [manusia] bisa menari apabila mengetahui konsep dasar dari tarian tersebut. Seni tari tidak menggunakan pealatan lain kecuali bahasa tubuh yang luwes, mejiwai agar mendapatkan gerakan yang menjiwai seni tari.
Sejarah Perkembangan Musik Kontemporer Untuk menari dengan baik maka kita harus membangun pengetahuan dan rasa kinesthetic tense untuk tubuh dan bagiannya, body awarennes kemampuan untuk mengendalikan tubuh dan seluruh bagian tubuhnya.


Seni tari mempunyai ciri khas dan keunikan gerakan tersendiri, gerakan ini tidak terpancang dari taian baku akan tetapi bisa dikembangkan menjadi gerakan kreasi. Setiap daerah di Indonesia memiliki seni dan budaya adat tradisi, kekayaan ini yang menjadi nilai lebih bila kita expose.

BETAWI

Seni tari dari Jakarta yaitu Tari Betawi dekelompokkan menjadi 2 jenis tari yakni tari Topeng dan tari Cokek. Ragam gerakan dasar seni tari Betawi terdiri dari…