Skip to main content

Sampek Tuwek Reggae SKA Sty Yamaha PSR S970

Salam Pasedulran Selawase Boss, entah apa yang merasuki kuh, akhirnya saya kembali Reborn ke dunia blogger. Akhir bulan Puasa menjelang Lebaran Idul Ftri, Adsen saya di Disable oleh Om Google, shock beberapa hari, minggu dan bulan.

Dan akhirnya beberapa hari yang lalu, anak dan istri menyuruh saya untuk kembali lagi di Blog Mahendra Irama, blog yang saya bangun dari jerih payah sendiri, untuk berbagi informasi tentang dunia kibord arranger dan style.


Chat WA yang terus mengisi suasana hidup, membuat saya tergugah kembali untuk membagikan kembali STY terbaru yamaha. Mungkin saja, STY yang saya bagikan bisa berguna untuk sodara tercinta semuanya.

Khusus kedepan dan seterusnya, STY tidak akan saya bubuhi pasword, silahkan langsung di extrack RAR ke hardisk atau falshdisk. Jika soadara semua ingin chat dengan saya, monggo selagi saya bisa membantu, Insya Allah akan saya balas jika Kuota masih ada.

Sampek Tuwek Reggae SKA Sty Yamaha PSR S970

Fitur :
Intro A : Intro LaguMain A, B, C dan Ending…

Konsep Tehnik dan Prosedur Gerak Seni Tari

Gerakan adalah konsep dasar dari seni tari dan manusia pada hakekatnya makhluk yang bergerak berarti kita [manusia] bisa menari apabila mengetahui konsep dasar dari tarian tersebut. Seni tari tidak menggunakan pealatan lain kecuali bahasa tubuh yang luwes, mejiwai agar mendapatkan gerakan yang menjiwai seni tari.
Sejarah Perkembangan Musik Kontemporer
Untuk menari dengan baik maka kita harus membangun pengetahuan dan rasa kinesthetic tense untuk tubuh dan bagiannya, body awarennes kemampuan untuk mengendalikan tubuh dan seluruh bagian tubuhnya.


Seni tari mempunyai ciri khas dan keunikan gerakan tersendiri, gerakan ini tidak terpancang dari taian baku akan tetapi bisa dikembangkan menjadi gerakan kreasi. Setiap daerah di Indonesia memiliki seni dan budaya adat tradisi, kekayaan ini yang menjadi nilai lebih bila kita expose.

BETAWI

Seni tari dari Jakarta yaitu Tari Betawi dekelompokkan menjadi 2 jenis tari yakni tari Topeng dan tari Cokek. Ragam gerakan dasar seni tari Betawi terdiri dari selancara, gibang, kewer, rapat nindak, pakblang, gonjingan dan goyang plastik.

Itu baru gerakan baku dari tari betawi, apabila ingin mengembangkan kreasi terbaru makan akan menambah luas lagi jangkauan seni tari Betawi.

JAWA

Gerakan didalam tarian jawa biasanya akan tertuju ke keluarga istana atau keraton solo dan Yogjakarta. Gerakan tarian jawa mempunyai aturan tersendiri dalam setiap tariannya apabila dilihat dari asal usulnya [ Solo dan Jogja ]

Setiap gerakan tarian jawa memiliki makna dan filosofi tersendiri, maka tarian jawa mempuyai ciri khas paling lembut sindiri dibandingkan dengan tarian dari adat lainnya. Konsep dasar tari jawa memiliki gerakan sabetan, sisrig, hoyog, lumaksana, kengser, sebalak ulap-ulap dan sampur.

Sampai saat ini, seni tari di daerah jawa masih eksis dengan menexplore kembali kreasi baru agar diterima oleh kalangan masyarakat, akan tetapi tidak mengubah konsep dasra dari tarian tersebut.

PULAU BALI

Hampir rutinitas masyarakat Bali  kental sekali dengan adat dan budayanya sendiri. Masyarakat mayoritas ber-Agama Hindu maka memiliki keunikan tersendiri yang di buru oleh wisatawan asing.

Tari adalah bagian dari kehidupan untuk warga Bali, semua rutinitas komplek upacara keagamaan ataupun adat pasti ada unsur seni tari. Ragam gerakan tari Bali tersusun dari ngeseh, ngumbang, piles, angsel dan agem.

Tarian Bali memiliki struktur tersendiri dibandingkan dengan tarian lainnya, gerakan mata [nyledet] merupakan khas dari tarian Bali.

TORAJA

Tari Pa'gellu dari Toraja sulawesi selatan dilakukan diatas gendang, maka inilah ciri khas tersendiri dari tarian tersebut. Ragam gerakan dasar juga dimiliki seperti tarian dari Jawa, Betawi dan bali. Setiap penari Pa'gellu harus memiliki dan menjiwai konsep dasar yaitu gerak pa'gellu, pa'tabe, pa'gellu tua, pang'rapa pentulan, panggirik tangtaru, pa'tutu.

Tari Pa'gellu di lakukan untuk acara adat syukuran, upacara ritual dan upacara adat dengan diringin oleh perkusi gendang. Tari Pa'gellu memiliki nilai filosofi tesendiri yang dianut dalam hukum aturan dan adat leluhur mereka.


Berikut konsep dasar pokok yang harus di mengerti didalam tarian tradisi ;

1. Gerakan Kaki :
  • Andeg-Andeg [Jawa] adalah sikap dasar kaki pada saat mulai menari
  • Wedhi Kengser [Jawa] dan Seser [Sunda] adalah gerakan menggeser dari kanan ke kiri atau sebaliknya
  • Trecet adalah gerakan bergeser kesamping kanan atau kiri dengan menjinjitkan kaki dengan lutu yang di tekuk
  • Trisig [Jawa] adalah suatu gerakan untuk berpindah tempat, maju mundur dan berputar dengan berlari kecil, jinjit dengan posisi tubuh agak merendah
2. Bila dilihat dari gerakan tubuh bagian tangan dan lengan terdapat gerakan;
  • Ngiting
  • Nyramput [Sunda]
  • Nyerumpit [Jawa]
  • Ngrayung
  • Pa'blang
  • Kewer [betawi]
  • Capang [Sunda]
  • Gerakan Ukel
3. Gerakan Kepala
  • Pacak Gulu dan Giling adalah gerak kepala dari kiri ke kanan secara cepat
  • Gilek adalahkepala membuat lengkungan kebawah, ke kanan dan kekiri
  • Galieur adalah gerakan halus pada kepala yang di mulai dengan menarik dagu, lantas ditari keleher dan kembali ketengah
Diatas baru kriteria gerakan pokok saja, selebihnya masih ada konsep dari gerakan kreasi dengan tidak meninggalkan tehnik dan prosedur yang berbeda.

A. Gerakan Badan :
  • Hoyog adalah suatu gerakan badan yang di condongkan kesamping kanan atau kiri
  • Engkyek yaitu gerakan badan yang dicondongkan ke kiri atau ke kanan dengan syarat tangan lurus kesamping
  • Polatan adalah gerakan arah pandangan dari mata
  • Oklak adah gerakan yang dilakukan pundak kedepan atau kebelakang
  • Entrag yaitu gerakan dengan menghentakkan badan kebawah berkali-kali seolah-olah badah menglepek.
B. Gerakan Kaki
  • Debeg yaitu gerakan kaki dengan menghentakkan ujung telalap kaki
  • Gejuk yaitu gerakan menghentakkan telapak kaki dengan posisi jinjit
  • Kengser suatu gerakan ke kiri atau kekanan dengan menggeser kedua telapak kaki tanpa menggerakkan anggota tubuh.
  • Srisig adalah geraka berlari pelan dengan menjinjitkan telapak kaki
  • Trecet adalah suatau gerakan kaki dengan menjinjitkan telapak kaki yang bergerak kekiri atau kekanan
  • Tunjak Tancep yaitu posisi tubuh berdiri tanpa bergerak
C. Gerakan Tangan
  • Ngerayung adalah gerakan telapak tangan membuka dengan ibu jari ditekuk ke dalam telapak tangan
  • Pakblang gerakan meluruskan kedua tangan keatas dengan tepak tangan mengarah keatas dan kebawah
Setiap tarian memiliki bahasa tubuh tersendiri, yaitu dari gerakan tubuh itu sendiri, tangan, kepala dan kaki. Seorang penari harus dituntuk utuk mengerti pesan emosi dari tarian yang di peragakan dan akan mendapatkan gerakan yang baik dan benar.

Comments

Popular posts from this blog

Alat Musik Melodis, Harmonis Dan Ritmis

Suatu alat yang dapat menghasilkan suara entah itu pentatonis dan diatonis dengan cara dipetik, dipukul dan ditiup termasuk kategori alat musik. Hal ini didasari oleh prinsip dari dasar-dasar alat jenis alat musik yang di atur sedemikan rupa agar menghasilkan sebuah maha karya.

Seiring berkembangnya dunia seni, banyak inovasi dari alat musik tertentu, tujuannya mengembangkan agar alat musik tersebut bisa dikenal oleh masyarakat yang berkecimpung dibindang musik.


Contoh alat musik tradisional gamelan demung, dasar gamelan demung hanya terdiri dari 7 pilhan yang dibuat dari perunggu, kuningan dan besi. Era saat ini, gamelan bisa di inovasi lebih dari 7 pilahan dengan nda dasar pentatonis, tapi tidak lepas dari diatonis. Biasanya demung model ini digunakan untuk mengiringi musik kontemporer etins daerah. Nah alat musik tersebut dibagi menjadi 3 bagian yaitu;
Alat Musik Melodis Alat musik melodis merupakan alat musik yang memainkan melodi lagu, antara lain ;
Rekorder, termasuk alat musik tiup,…

Dasar Belajar Keyboard Otodidak Mudah Dan Cepat

Dulu saya tidak mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang keyboardiz, SMP dan SMA saja tidak pernah memperhatikan pelajaran seni musik. Dulu berangapan seni musik itu paling jadi pengamen, tidak bisa diandalkan untuk tuntutan perkerjaan. Orang tua juga tidak ada dukungan sama sekali dalam hal seni musik, intinya mereka menuntut harus menjadi pagawai, curhat sedikit.

Keyboardiz profesional harus dituntut untuk bisa menguasai berbagai genree lagu, tapi berbeda dengana saya. Berbekal pengalaman bermain keyboard otodidak, ya semuanya hanya modal naluri dari lagu tersebut, harus mempelajari lagu-lagu baru untuk di jadikan ektensi menurut brand keyboard arranger. Keyboardiz pasti tahu betul partitur not balok, dengan berbekal partitur mereka bisa memainkan semua jenis lagu saat konser. Berbeda dengan saya, dikasih partitur lagu pasti pusing tujuh keliling, namanya saja cuman hafal chord dengan improvisasi keyboard.

Jiwa Seni tidak dimiliki oleh setiap orang, jadi kita sebagai pejuang seni …

Wewaton Tembang Macapat

Kasusastran Jawa anyar tembange awujud :
a. tembang gedhe
b. tembang tengahan
c. tembang cilik utawa tembang macapat

Tembang Gedhe Tembang gdhe iku sapada ana petang gatra utawa patang pada pala. Cacahing wanda pala siji lan sijine padha. Lire manawa pada pala kapisan 7 wanda, pada pala kaping pindho lan katelu uga mitung wanda. Cacahing wanda saben sapada pala iku diarani laku. Tembang gedhe iku gunane kanggo mbawani gending utawa sulukan ing pedhalangan. Tuladhane tembang gedhe Maduretna, Pamilatsih, Kusumastuti lan liya-liyane.

Tembang Tengahan Tembang tengahan iku kaiket ing guru wilangan lan guru lagu. Tuladhane tembang tengahan yaiuku : Balabak, Wirangrog lan Juru Demung.

Tembang Macapat Tembang macapat kaiket ing wewaton utawa aturan. Aturane tembang macapat yaiku :
a. guru gatra
b. guru wilangan
c. guru lagu
Guru gatra yaiku cacahe gatra saben sapada, guru wilangan yaiku cacahe wanda saben sagatra, guru lagu yaiku tibane swarane ing pungkasane gatra.

Ing ngisor iki guru gatra, guru wilangan…